Makanan Jagung Bakar Yang Cocok Di Santap Saat Malam Hari


sukamakan010
-  Jagung Bakar adalah sebuah istilah kuliner untuk bulir masak dari jagung yang disajikan secara utuh dari tanaman jagung manis. Jagung manis adalah varietas umum jagung yang dimakan langsung dari tongkol.[1] Bulir tersebut disantap saat endosperma berada dalam "tahap susu" sehingga biji-bijinya masih lunak. Bulir jagung dikukus atau direbus, biasanya tanpa kulit hijaunya, atau dibakar dengan kulit tersebut. Rambut-rambut jagung dalam kasus manapun dihilangkan sebelum disajikan.DominoQQ

Jagung utuh biasanya disantap saat masih hangat. Hidangan tersebut sering kali dibumbui dengan garam atau mentega sebelum disajikan.[1] Beberapa hidangan memakai sebuah tusuk sate yang dikhususnya, ditancapkan pada ujung tongkol, untuk memegang bulir tersebut saat disantap tanpa menyentuh biji-biji yang hangat dan lengket.

Dalam sehari, kandungan gula pada jagung akan menjadi pati, yang terjadi akibat penurunan tingkat rasa manis alami. Jagung harus dimasak dan disajikan pada hari yang sama saat jagung tersebut dipanen, karena hanya dalam sehari, jagung mengalami penurunan rasa manis sejumlah 25%.

Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Pada masa kini, jagung juga sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan hasil jagung menjadi bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetika, dan kimia.

Diagram tanaman jagung.

Jagung merupakan tanaman model yang menarik,khususnya di bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif, dan membantu terbentuknya teknologi kultivar hibrida yang revolusioner. Dari sisi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien memanfaatkan sinar matahari. Dalam kajian agronomi, tanggapan jagung yang dramatis dan khas terhadap kekurangan atau keracunan unsur-unsur hara penting menjadikan jagung sebagai tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang disukai.

Bagian jagung yang biasa dimakan manusia adalah bijiannya, baik masih muda ketika isinya belum mengering maupun setelah tua dan mengering.



Bijian kering dapat dihaluskan menjadi tepung jagung (maizena). Maizena merupakan bahan untuk berbagai kue dan penganan olahan serta untuk bahan baku pembuatan mie bihun.

Dedak merupakan bijian jagung yang digiling halus. Dedak dapat dicampur dengan bahan lain sebagai makanan sarapan.

Pecahan kasar bijian jagung diolah di Amerika Serikat sebagai makanan sarapan populer, corn flakes. Di Jawa Timur terutama, bijian jagung kering ditumbuk agak halus untuk mendapatkan beras jagung, yang setelah dikukus atau ditanak menjadi nasi jagung. Nasi jagung ini, murni atau bercampur nasi padi, umum sebagai makanan pokok terutama di wilayah Jatim yang mendapat pengaruh dari budaya Madura.

Bijian utuh jagung dapat dipanggang, disangrai, atau digoreng. Gorengan bijian kering jagung dikenal sebagai marning di Jawa Tengah. Dari bijian jagung kering varietas tertentu juga dapat dibuat brondong jagung.

Jagung muda biasanya dipasarkan secara utuh bersama tongkolnya. Jagung manis mengisi kebanyakan pangsa ini, meskipun jagung ladang dan jagung ketan juga dipanen dalam keadaan demikian. Tongkol direbus, dipanggang, atau dibakar. Beberapa masakan sayur, seperti sayur asam dan sayur bening dilengkapi dengan potongan tongkol jagung atau bijian muda yang sudah dipisahkan dari tongkolnya (dipipil).

Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.



Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:

Kalori: 355 Kalori

Protein: 3,4 gr

Lemak: 3,9 gr

Karbohidrat: 21 gr

Kalsium: 10 mg

Fosfor: 256 mg

Besi: 2,4 mg

Vitamin A: 510 SI

Vitamin B1: 0,38 mg

Air: 12 gr

dan bagian yang dapat dicerna 90%.

Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah, namum mempunyai kandungan protein yang lebih banyak daripada beras.



Posting Komentar

0 Komentar