sukamakan010
-  Keripik bayam adalah keripik yang terbuat dari daun bayam dan digoreng dengan menggunakan tepung yang telah dibumbui. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Keripik bayam menjadi salah satu cemilan baru yang diminati masyarakat karena bahan baku pembuatannya dapat dikembangkan pada daerah dataran tinggi ataupun daerah dataran rendah. Selain itu, keripik bayam menjadi salah satu alternatif cemilan yang sehat untuk dikonsumsi. Konsumen keripik bayam pun tidak hanya terpaku pada orang-orang tertentu karena mencakup kalangan anak-anak, orang dewasa, dan orang tua. Oleh karena itu, banyak ibu rumah tangga yang melakukan kegiatan produksi rumahan cemilan keripik bayam sehingga menjadi suatu jenis usaha industri rumah tangga yang cukup membantu kebutuhan masyarakat yang mengembangkannya. Industri rumah tangga ini kini berkembang luas di berbagai wilayah Indonesia.DominoQQ


Bahan baku keripik bayam, yakni bayam (memiliki nama ilmiah Amaranthus sp.) dikenal sebagai tanaman pangan yang menghasilkan protein nabati dan berasal dari daerah Amerika tropik. Tanaman bayam akhirnya diperkenalkan ke berbagai negara dan masuk ke wilayah Nusantara pada abad ke-14. Tanaman ini dapat dibudidayakan di daerah dataran rendah maupun daerah dataran tinggi. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang yang akhirnya memberdayakan tanaman ini menjadi berbagai olahan yang dapat dikonsumsi dan bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Keripik Bayam

Ada banyak cara untuk mengonsumsi bayam, salah satunya dengan menjadikannya keripik. Sama dengan keripik lainnya, keripik bayam memiliki rasa yang lezat, gurih, dan cocok sebagai camilan sehat. 

Berikut ini beberapa manfaat keripik bayam untuk kesehatan:

1. Mencegah stres oksidatif

Bayam mengandung cukup banyak antioksidan untuk mencegah stres oksidatif dan mengurang kerusakan yang ditimbulkannya. Radikal bebas merupakan produk sampingan dari metabolisme yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Sementara itu, stres oksidatif dapat memicu penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker serta diabetes. 

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat keripik bayam berikutnya yaitu menjaga kesehatan mata. Di dalam bayam terkandung banyak zeaxanthin dan lutein, yang merupakan karotenoid yang bertanggung jawab atas warna pada beberapa sayuran. Nah, mata manusia ternyata juga memiliki banyak pigmen tersebut, yang melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari. 

Maka dari itu, mengonsumsi bayam atau keripik bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa zeaxanthin dan lutein mampu mencegah degenerasi makula dan katarak, penyebab utama kebutaan.

3. Mengurangi risiko kanker

Ada dua komponen yang terkandung dalam bayam, yaitu MGDG dan SQGD. Kedua komponen tersebut dapat memperlambat pertumbuhan kanker. Dalam sebuah penelitian, kedua senyawa tersebut dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor di leher rahim seseorang, dan memperkecil ukuran tumor. 

Sementara itu, beberapa penelitian pada manusia mengaitkan konsumsi bayam dengan penurunan risiko kanker prostat. Mengonsumsi sayur berdaun hijau ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker payudara. Selain itu, bayam mengandung banyak antioksidan yang juga dapat melawan kanker. 

Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat bayam terhadap penyakit kanker. 

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat mengonsumsi bayam atau keripik bayam berikutnya yaitu menurunkan tekanan darah. Sebab, bayam mengandung banyak nitrat yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

5. Menambah energi

Ingat kartun Popeye? Di dalam ceritanya ia selalu menjadi kuat dan berenergi, serta mampu melawan musuh setiap setelah mengonsumsi sekaleng bayam. Nah, bisa dibilang manfaat bayam sebagai penambah energi adalah fakta. Sebab bayam mengandung banyak zat besi, mineral yang berperan sangat penting dalam fungsi sel darah merah yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.  Dengan begitu, produksi energi dan sintesis DNA jadi meningkat. 

6. Mendukung kesehatan tulang

Manfaat mengonsumsi keripik bayam selanjutnya yaitu untuk mendukung kesehatan tulang. Bayam merupakan sumber vitamin K yang sangat baik. Selain itu ia juga merupakan sumber magnesium, kalsium, dan fosfor. Nutrisi penting tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi keripik bayam. Bagi kebanyakan orang, bayam aman dikonsumsi. Namun, beberapa orang dengan kondisi tertentu perlu hati-hati dalam mengonsumsi. Mengingat bayam mengandung jumlah oksalat yang banyak, maka orang dengan riwayat batu ginjal harus membatasi konsumsi bayam.

Resep Olahan Keripik Bayam

Untuk memulai bisnis keripik bayam, Anda perlu mengetahui resep olahan bayam menjadi keripik yang renyah dan sedap. Berikut ini merupakan resepnya,

Bahan Tepung

Daun bayam sebanyak 30-40 lembar

Tepung kanji 80 gram

Garam 1 Sdt

tepung beras 400 gram

Air mineral

Bahan Bumbu

Biji kemiri 12

Bawang merah dan bawang putih sebanyak 5-6 siung

Ebi atau udang kering sebanyak 6 Sdm

Cara Membuatnya:



Cuci daun bayam dengan air bersih setelah itu tiriskan

Campur setiap bahan tepung menggunakan air secara perlahan dan aduk hingga merata (jangan keenceran)

Blender serta tumbuk semua bahan pembuatan sampai halus

Campur bahan tepung dengan bahan bumbu hingga merata

Celupkan daun bayam dalam adonan yang telah disediakan sebelumnya

Panaskan minyak goreng dalam wajan

Jika minyak sudah panas, Anda bisa langsung menggoreng bayam tersebut sampai terlihat kecoklatan, lalu tiriskan

Masukkan keripik bayam ke dalam kemasan, lalu Anda bisa langsung memproduksinya untuk dikonsumsi langsung.

Itulah beberapa hal mengenai olahan bayam yang dijadikan sebagai keripik bayam menyehatkan. Hasil olahan ini bisa Anda produksi dipasaran.

LINK ALTERNATIF:JAYASAHABAT.NET


Posting Komentar

0 Komentar