Mengenal Jajanan Arum Manis atau Cotton Candy makanan yang manis dan menggugah selera



 sukamakan010- Arum manis atau (cotton candy) adalah salah satu jajanan paporit dari jaman dulu yang dikenal dengan rambut nenek, arumanis terbuat dari gula yang diberi warna warni dan rasanya yang manis ini disukai oleh anak anak.

Melansir dari laman kompasiana.com, gula kapas sudah ada sejak abad ke-15. Gula kapas sudah dikenal di Italia sejak abad tersebut dan menjadi makanan favorit. Saat itu, gula kapas tak selembut yang sekarang. Namun, pada abad ke-19, dua orang bernama William Morisson dan John C Wharton diidentifikasi sebagai penemu gula kapas atau permen kapas.

William Morisson merupakan seorang dokter gigi, pengacara, penulis buku anak-anak, pembuat lemak babi palsu dari biji kapas dan pembuat perangkat kimia yang berfungsi membersihkan air minum dari Nashville. John C Wharton adalah pembuat permen dari Tennessee. Tahun 1897, dua orang ini menciptakan mesin listrik peleleh kapas atau mesin pembuat gula kapas. Mesin ini dipatenkan sebagai mesin pembuat gula kapas pertama di dunia pada tahun 1899.

Tahun 1904, William dan John mengenalkan gula kapas buatan mereka ke Amerika Serikat. Di Amerika gula kapas sangat digemari dan semakin populer. Permen kapas dijual di acara-acara besar seperti karnival, festival, sirkus dan sejenisnya. Permen kapas semakin populer dan penjualannya mencapai kesuksesan maksimal.DominoQQ
Dari tahun ke tahun, gula kapas semakin populer tak hanya di Amerika tetapi juga benua lainnya termasuk Eropa dan Asia. Kepopuleran gula kapas semakin memuncak ketika makanan manis ini dibawa oleh para pedagang dan saudagar ke berbagai negara dan diperkenalkan ke warga atau masyarakat setempat.


Pembuatan arumanis merupakan proses yang dinanti untuk dilihat sekumpulan anak anak sebelum membelinya.ketika mesin pembuat arum manis bekerja dengan cara manual maksudnya diputar oleh pedagang dan gula pasir yang dimasukan kedalam tungku kecil yang berputar.


dan kemudian kalian panaskan gula pasir agar meleleh keluar menjadi rambut nenek yang halus karena adanya gaya sentripugal dari putaran tungku yang diberi lubang lubang kecil. di sekeliling ampas gula yang keluar seperti rambut nenek ini disangga.

dengan sebilah potongan bambu kecil untuk mengumpulkannya menjadi gulungan rambut nenek mengembang menjadi besar.Itulah yang menjadi daya tarik anak anak untuk membelinya disamping rasanya yang enak manis dan terasa renyah.


Seiring perkembangan zaman proses pembuatan arumanis atau cotton candy ini sekarang ini banyak dijual di tempat tempat wisata.tempat hiburan bahkan di mall, selain varian warna yang menarik bentuknya pun juga menarik para pembeli.


seperti bentuk bulat, lonjong, bunga dan bahkan karakter binatang, sehingga membuat makanan  ini menjadi lebih dikenal dan tetap popular sampai saat ini.Dari uraian diatas tadi merupakan perjalanan panjang tentang makana arumanis.


di dalam artikel kali ini mencoba untuk mengenal lebih dalam bagaimana cara membuat arumanis dengan membuat mesin arumanis sederhana.jika kalian berminat  pembuata mesin arumanis dengan cara manual dan cara otomatis dengan alat  penggerak dinamo mesin jahit yang kemudian yang digerakan oleh aki / accu motor 12V, sehingga sangat lah mudah dibawa kemana mana.

Cara Membuat Arum Manis

 Permen Gula Kapas (Cotton Candy)

BAHAN dan alat :

Gula pasir putih: 1 kg.

Asam citrun: 1 sendok makan.

Air matang: ¾ atau 100 ml.

Pewarna makanan: sesuai selera.

Mesin arum manis.

Stick yang terbuat dari bambu (untuk menggulung).

Cara Membuat ARUM MANIs:


Campurkan gula dan pewarna makanan, aduk hingga rata.

kalian Nyalakan mesin  arum manis, ditunggu hingga panas.

lalu Masukkan campuran gula dan pewarna makanan ke dalam mesin pembuat arum manis yang sudah panas.

Tunggu beberapa menit sampai serabut gula keluar dari lubang-lubang mesin.

Gulung dengan cara kalian menggerakan stick bambu secara berputar-putar, sehingga serabutnya akan menempel pada stick. Gunakan sick dengan ukuran yang diinginkan.

Jika gumpalan permen kapas sudah terbentuk, segera bungkus dengan plastik agar tidak terpapar udara secara langsung, karena arum manis akan mengeras.

LINK ALTERNATIF : JAYASAHABAT.NET


Posting Komentar

0 Komentar