Makanan Telur Ikan Ternyata Mengandung Banyak Manfaat, Yuk Simak Berikut Ini


sukamakan010- Telur ikan Sebagai makanan, telur ikan bisa dimasak dalam berbagai hidangan maupun dimakan langsung mentah-mentah. Telur dari hewan laut, seperti dari lumpsucker, hake dan salmon, merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang sangat baik

Dalam masakan Iran, terdapat banyak menu berbahan telur ikan, seperti ashpal, caviar, kuli, dan kulmeh. Beberapa disajikan dalam keadaan mentah, tetapi ada juga yang dipanggang ataupun dibuat kare. Telur ikan terbang juga digunakan untuk obat-obatan, karena diketahui juga memiliki karagenan dan protein rekombinan dalam jumlah banyak.DominoQQ

Dalam masakan Jepang, telur dari ikan salmon, ikan smelt, ikan haring, ikan pollock Alaska, ikan terbang, bulu babi, hingga udang dijadikan sebuah hidangan. Umumnya mereka disajikan dalam keadaan mentah, kecuali untuk pollock Alaska yang biasa dibakar dan disebut sebagai Tarako (鱈子).

Kaviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan tertentu, umumnya ikan sturgeon, yang sudah diproses dan digarami. Makanan ini secara komersial dipasarkan sebagai makanan mewah, dan umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan lain. Kaviar hitam paling banyak berasal dari telur ikan sturgeon laut Kaspia di Azerbaijan, Iran, Rusia, dan Kazakstan. Jenis kaviar yang paling mahal adalah varian Beluga, Ossetra, dan Sevruga.

Kaviaer dianggap sebagai makanan mewah dan disajikan dengan cara garnis atau ditabur. Pada tahun 2012, kaviar dijual dengan harga $2.500 per pon, atau $3.000 sampai $5.000 per kilogram

Industri kaviar kadang mengakibatkan terganggunya kelangsungan hidup spesies ikan penghasil telur, sehingga perdagangan kaviar sering kali dilarang.

Kaviar sangat rapuh dan harus tetap dingin sebelum dikonsumsi. Kaviar terpasteurisasi memiliki tekstur yang agak berbeda. Kaviar jenis ini tidak rapuh dan boleh tidak didinginkan sebelum dibuka. Kaviar padat terdiri dari telur-telur rusak atau rapuh dan bisa berupa gabungan dari beberapa telur ikan yang berbeda. Kaviar jenis ini diperlakukan khusus, diasinkan, dan dipadatkan.

Meski sesendok kaviar memenuhi kebutuhan vitamin B-12 orang dewasa sehari, kandungannya juga tinggi kolesterol dan garam. Satu sendok makan kaviar (16g) mengandung:[4]

Kalori: 42

Lemak(g): 2,86

Karbohidrat(g): 0,64

Serat(g): 0

Protein(g): 3,94

Natrium(mg): 240

Kolesterol(mg): 94



Makanan yang sekilas mirip sagu mutiara ini adalah telur ikan yang disebut caviar. Jika kamu belum familiar dengan makanan ini atau melihatnya secara langsung, wajar saja. Karena makanan ini memang tidak ditemukan di pasar atau supermarket, melainkan dipesan secara khusus dengan harga mencapai Rp1,5 juta/30 gram.

Caviar merupakan makanan yang berasal dari telur ikan tertentu yang telah digarami dan melalui proses khusus. Kebanyakan caviar berkualitas dihasilkan dari spesies ikan sturgeon yang tinggal di perairan Laut Kaspia, seperti Beluga, Ossetra, Sterlet, Kaluga hybrid, dan sturgeon Siberia.

Mulanya, produksi caviar dunia didominasi oleh Russia dan Iran sebagai habitat asal ikan sturgeon. Namun, menurut Business Insider, beberapa tahun belakangan ini China memimpin dengan 54 persen budidaya caviar komersial dunia.

Umumnya, caviar memiliki tampilan berkilau dengan tekstur lengket dan berlendir. Cita rasanya merupakan perpaduan antara amis, asin, dan lumer di mulut. Hal itu membuat caviar dianggap sebagai "emas hitam" karena melambangkan kemewahan.

berikut beberapa macam caviar yang populer di dunia.

1. Sterlet Caviar

Caviar ini berwarna abu-abu kekuningan dan berasal dari spesies sturgeon terkecil, yakni sterlet sturgeon. Teksturnya yang halus sangat mudah hancur. Meski begitu, sterlet caviar memiliki cita rasa yang ringan, buttery, dan manis.

2. Siberian Sturgeon Caviar

Jenis caviar ini dapat dikenali dari tampilannya yang glossy dan memikat. Warnanya kombinasi keabu-abuan dan hijau dengan permukaan hitam legam. Untuk rasa siberian sturgeon caviar sendiri tidak terlalu asin, melainkan lebih seperti kacang atau keju.

3. Kaluga Caviar

Kaluga caviar adalah salah satu varietas yang berasal dari China, tepatnya di perairan Sungai Amur. Caviar ini mudah dikenali karena bentuknya lebih padat dari caviar lain. Juga, memiliki warna yang menonjol dengan bintik-bintik cokelat tua seperti hijau zaitun. Soal rasa, kaluga caviar menawarkan sensasi nutty dan asin mirip siberian sturgeon caviar.

4. Beluga Caviar

Beluga caviar merupakan caviar paling mahal di dunia dengan harga mencapai Rp55 juta per kilonya. Tidak heran karena produksinya sendiri harus menunggu selama 25 tahun untuk ikan sturgeon betina mencapai siklus pematangan. Selain itu, beluga caviar juga memiliki ukuran besar dengan rasa yang sangat lembut.

5. Ossetra Caviar

Ossetra caviar terbuat dari ikan sturgeon Acipenser gueldenstaedii dewasa dan juga termasuk dalam jajaran caviar termahal di dunia. Harganya sendiri dibanderol mencapai Rp8,2 juta per 52 gram. Tampilannya begitu cantik dengan nuansa kecokelatan dan rasa nutty yang kompleks.



Posting Komentar

0 Komentar