Mengapa Orang Korea Makan Sup Rumput Laut Saat Ulang Tahun?

 




sukamakan010- Berdasarkan sejarah literatur Ben Cao Gang Mu yang ditulis oleh Yi Si-Jin pada era Dinasti Ming, dahulu rumput laut dari Korea yang disebut “Rumput Laut Silla” atau “Rumput Laut Goryo”. sering digunakan sebagai obat.

Masyarakat di berbagai negara biasanya memperingati ulang tahun dengan memotong kue dan meniup lilin sebagai bentuk perayaan. Nambun, beda halnya dengan masyarakat korea yang punya tradisi menyuguhkan sup rumput laut terlebih dahulu daripada kue ulang tahun. Sup rumput laut ini disebut miyeok-guk.DominoQQ

Dilansir dari laman Times of India, sup rumput laut bagi masyarakat Korea tidak hanya dikaitkan dengan perayaan ulang tahun, tetapi juga diberikan kepada wanita yang baru saja melahirkan. Dilansir dari laman Korea.net, sebuah catatan sejarah dari Dinasti Tang China mengatakan orang Korea sudah mengonsumsi sup rumput laut sejak zaman Dinasti Goryeo. 

Pada saat itu masyarakat menyadari bahwa ikan paus memakan rumput laut sebagai bentuk pemulihan diri setelah melahirkan. Oleh karena itu, sup rumput laut pada saat itu dijadikan sebagai salah satu menu yang dikonsumsi oleh wanita yang baru melahirkan untuk membantu proses pemulihan pascapersalinan dan detoksifikasi.


 Tidak hanya untuk pemulihan pascapersalinan, menurut tradisi Korea, sup rumput laut juga didedikasikan untuk Samsin Halmoni, yaitu tiga dewi kelahiran dan takdir.  Berdasarkan mitologi Korea, tiga dewi ini ialah sosok yang membantu proses persalinan serta memberkati bayi yang baru lahir. Orang Korea pada zaman dahulu mengharapkan kelahiran yang aman dengan cara meletakkan sup rumput laut di samping bantal wanita hamil pada minggu sebelum kelahiran. Oleh karena itu sup rumput laut dijadikan sebagai lambang hari kelahiran dan bentuk ungkapan rasa hormat terhadap sang ibu di Korea.DominoQQ

 Jadi, mengonsumsi sup rumput laut di hari ulang tahun adalah salah satu simbol penghormatan anak kepada para ibu yang sudah mengandung selama 9 bulan dan berjuang saat melahirkan. Makan sup rumput laut adalah cara orang Korea untuk menunjukkan rasa hormat pada cinta tanpa syarat seorang ibu.

Ternyata miyeok-guk memiliki banyak nutrisi, kalsium dan yodium yang baik untk tubuh. Juga memiliki kandungan yang disebut fucoidans, dengan manfaat meningkatkan kualitas hidup, kekebalan tubuh dan fungsi kardiovaskular.

Selain itu, menurut American Journal of Agricultural and Food Chemistry kandungan dalam sup rumput laut dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung.




Posting Komentar

0 Komentar