Gurih Legit Pengkang Makanan khas Peniti Kalimantan Barat

 



sukamakan010- Ada hidangan unik asal Kalimantan Barat yang tak ada di tempat lain. Namanya Pengkang, terbuat dari ketan yang legit dilengkapi dengan sambal kepah nikmat.

Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Beberapa makanan khas daerah bisa ditemukan juga di tempat lain tetapi beberapa lainnya tidak akan bisa ditemui selain di tempat asalnya.

Salah satunya adalah hidangan bernama pengkang yang berasal dari Peniti, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Menurut pemilik salah satu rumah makan yang legendaris di sini, pengkang hanya bisa ditemukan di desa Peniti dan Pontianak saja.DominoQQ

Perpaduan beberapa bahan tertentu dan cara memasaknya yang unik membuat pengkang memiliki cita rasa yang unik. Selain itu pelengkapnya yang khas juga tak akan bisa ditemukan di daerah lain.

Mengunjungi Pondok Pengkang Peniti bersama Pusaka Rasa Nusantara (26/1) detikFood mencicipi langsung pengkang yang masih panas. Pengkang ini merupakan hidangan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan kemudian dicampurkan dengan ebi kering dan dibungkus dengan daun pisang.


Pengkang akan dibungkus menyerupai bentuk kerucut. Tetapi ada cara unik untuk memasak pengkang khas Kalimantan Barat ini. Dua buah pengkang yang sudah dibungkus daun akan dijepit dengan dua bilah bambu dan diasapi hingga matang.


Tekstur pengkang yang sudah matang akan kenyal mirip seperti lemper dengan rasa gurih dari ketan yang sebelumnya dimasak dnegna santan dan isian ebi. Agar semakin lengkap, pengkang belum sah jika tidak dinikmati bersama sambal kepah.

Sambal kepah merupakan racikan sambal khas Kalimantan Barat dengan campuran kerang muara yang kenyal teksturnya. Rasa smabalnya manis pedas dengan sedikit gurih dan ada campuran asam segar dari tomat.

Menurut pemilik Pondok Pengkang Peniti, dalam sehari mereka dapat menjual hingga 2000 jepit pengkang. Hampir semua pelancong yang datang ke Kalimantan Barat konon akan menyempatkan diri untuk berkunjung ke daerah Peniti atau Pontianak untuk makan pengkang tersebut.

Selain pengkang di sini juga ada sate kerang yang tidak kalah enaknya. Jenis kerangnya sama dengan kerang muara yang digunakan pada sambal kepah, hanya saja untuk satenya kerang akan ditusuk dan dilengkapi dengan bumbu kacang.

Rasa bumbu kacang untuk sate kerangnya mirip dengan bumbu kacang pada sate ayam. Rasanya gurih, legit, sedikit manis dari penambahan kecap tetapi tekstur bumbu kacang pada sate kerang dibuat lebih kasar bulir-bulir kacangnya.


Untuk sate kerangnya paling cocok jika dilengkapi dengan sambal khas yang tersaji pada setiap meja. Sekilas warna dan aromanya mirip sambal terasi yang agak manis, tetapi ketika dicicipi rasanya akan pedas menyengat seperti membakar mulut.

Usai puas makan pengkang dan sate kerang, jangan lupa juga untuk memesan minuman yang menyegarkan. Bernama es rujak, minuman ini cocok untuk membilas rongga mulut yang sudah puas dengan kenikmatan pengkang dan sate kerang.



Posting Komentar

0 Komentar