Nikmat nya sajian Bubur Ayam yang legendaris hingga saat ini

 




sukamakan010- Bubur ayam yang lembut lebih populer dinikmati untuk sarapan. Tetapi siapa sangka jika hidangan yang berasal dari China ini juga nikmat untuk makan malam.

Bubur ayam seolah dikenal menjadi bagian budaya kuliner Indonesia. Faktanya bubur ayam bukan suatu hidangan yang berasal dari kuliner nenek moyang orang Indonesia.

Bubur ayam memiliki perjalanan panjang yang membuatnya kini populer hingga ke seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri, bubur lebih populer sebagai menu sarapan hampir seluruh lapisan masyarakat.

Hangatnya bubur dengan topping suwiran daging ayam, potongan cakwe, kacang hingga tongcai bisa dinikmati oleh berbagai umur. Hidangan yang sudah hadir sejak 3.000 tahun silam ini juga enak untuk disantap sebagai menu makan malam.

Bubur merupakan kuliner yang lahir dari kebudayaan Tiongkok. Nama asli bubur sebenarnya adalah Kanji yang berasal dari bahasa Tamil. Tetapi jika meruntut perjalanan sejarahnya, bubur pertama kali dihidangkan pada dinasti Zhou di China sejak 3.000 tahun yang lalu.DominoQQ

Bubur menjadi salah satu hidangan yang dianggap sebagai penyelamat banyak orang dan mempersatukan masyarakat seperti yang tulis oleh Zoe Hu pada The New York Times Magazine. Bagi orang Kanton, ada frasa yang menyebutkan "Saat kamu memiliki nasi, kami akan membagikan, dan jika kami hanya memiliki bubur, kami akan membaginya juga".


Frasa tersebut bermakna bahwa budaya makan bubur adalah pertolongan pada suatu komunitas satu sama lain baik dalam keadaan susah maupun senang. Hingga akhirnya bubur lambat laun dibawa oleh para pedagang China dan disebarkan ke seluruh dunia sehingga kini berkembang dengan pesat.

Bubur kini tidak hanya disajikan dengan gaya China klasik tetapi juga disesuaikan dengan lokasi bubur tersebut disajikan. Misalnya seperti di Indonesia yang punya berbagai variasi bubur tergantung daerah penikmatnya.


Banyak jenis dan variasi bubur ayam yang ada, tetapi resep paling lazim adalah bubur ayam yang disajikan dengan potongan atau suwiran daging ayam, seledri, ditambah irisan cakwe sebagai pelengkap, lalu diberi kerupuk di atasnya. Kecap asin, kecap manis, dan merica menjadi penambah cita rasa yang tak bisa dipisahkan dari makanan yang banyak digemari.[2] Seledri dan tongcai (sayuran yang diasinkan biasanya terbuat dari lobak) juga bisa ditambahkan untuk mempercantik tampilan dan rasa. Selain itu, bubur ayam dilengkapi pula dengan sate jeroan ayam seperti hati, ampela, usus, dan telur.

Bubur ayam lazim dijumpai di Indonesia, mulai dari dimasak sendiri di rumah, dijajakan di gerobak pedagang keliling, atau dihidangkan di rumah makan. Bubur ayam dapat dikreasikan, misalnya Bubur Ayam Sukabumi biasanya menambahkan telur ayam kampung mentah yang ditimbun dalam bubur panas hingga termasak setengah matang. Bubur Ayam Tegal yang menyajikan kuah bumbu kuning yang khas layaknya masakan dari daerah Tegal. Sate usus, hati dan ampela ayam biasanya ditambahkan sebagai hidangan tambahan bubur ayam. Bubur ayam adalah hidangan yang dapat kita tambahkan makanan lain ke dalamnya sesuai selera.
DominoQQ



Posting Komentar

0 Komentar