Pempek, Makanan Tradisional Pelembang sejak Zaman Kolonial

 



sukamakan010- Pempek merupakan makanan tradisional yang berasal dari Palembang provinsi sumatera selatan

Pempek tidak hanya menjadi makanan favorit masyarakat Pelembang, melainkan makanan yang terbuat dari tepung sagu dan ikan ini telah menjadi kegemaran masyarakat di luar Palembang. Pempek disajikan bersama mie telur, irisan timun dan siraman cuko (campuran air gula merah, asam jawa, bawang putih, ebi, dan cabe rawit yang dimasak bersama)

Awalnya pempek dikenal dengan nama 'Kelesan' yang tidak lain merupakan alat yang digunakan untuk menghaluskan daging ikan berbentuk cembung dengan semacam kuping di sisi yang berhadapan.

Kemudian, nama pempek populer di Palembang karena diyakini dulunya pempek dijual oleh 'Apek', sebutan untuk laki-laki tua keturanan Cina. Pempek mulai dijual sejak zaman kolonial. Cerita yang berkembang di masyarakat, Apek menjajakan makanan tradisional ini. Kemudian, masyarakat akan memanggilnya dengan 'Pek, empek, mampir sini!', seperti dikutip dari Kompas.com (06/10/2020).

Dalam bahasa Hokkian,paman disebut "empeg" atau "apeq". Sekitar tahun 1916, pempek mulai dijajakan di kawasan keraton (sekitar Masjid Agung dan Masjid Lama Palembang). Awalnya, pembuatan pempek menggunakan ikan belida, namun karena ikan semakin langka dan harnya mahal.  Para penjual pempek mengganti dengan berbahai jenis ikan yang lebih murah.DominoQQ


Pempek memiliki filosofi sesuai dengan tekstur, bentuk, dan makna dalam kehidupan.

Pempek memiliki tekstur kenyal berarti hidup harus luwes dengan setiap perubahan. Rasa pempek yang lezat merupakan perpaduan rasa yang seimbang, yaitu gurih dari ikan dan manis asam dari cuko. Cira rasa tersebut menggambarkan hidup yang seimbang.

Sedangkan, rasa ikan pempek yang selalu dijaga kualitasnya menggambarkan setiap individu menjaga kualitas diri dan meningkatkan kemampuan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik]



Bagi kamu yang suka ikan, berikut ini resep pempek ikan dan cara membuat pempek ikan yang enak.

Bahan-bahan:

1 kg daging ikan tenggiri yang telah digiling halus

1 kg tepung sagu

250 ml air es

penyedap rasa secukupnya

garam secukupnya

Cara membuat:

1. Masukkan ikan, garam, penyedap rasa dan air es, lalu campurkan hingga merata.

2. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan menjadi kalis.

3. Bentuk adonan sesuai seleramu.Rebus adonan pempek yang telah dibentuk ke air mendidih.

4. Jika adonan telah mengapung, itu artinya pempek sudah matang. Tiriskan.

5. Kamu bisa langsung menyajikannya atau bisa digoreng dulu.

6. Jangan lupa gunakan cuko biar lebih mantap.




Posting Komentar

0 Komentar