Hilangkan Badmood dengan Makan Seafood


 sukamakan010- Memang sebaiknya kita tidak selalu menghubungkan keterkaitan antara food dan mood. Tapi, tidak bisa dipungkiri, ada nutrisi-nutrisi tertentu yang terkandung dalam makanan yang bisa meperbaiki kondisi mood kamu, seafood salah satunya. Dr. Elvira Syamsir, selaku ahli gizi dan dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan IPB memberikan tips sehat untuk menyingkirkan stres dan depresi dengan cara enak.

berikut memiliki efek ganda yang bisa kamu rasakan dalam waktu bersamaan. Mengonsumsi seafood bagi sebagian orang menjadi kenikmatan tersendiri. Dan ternyata, selain memanjakan lidah, mengonsumsi seafood memberikan keuntungan bagi tubuh kita, salah satunya adalah menyingkirkan stres yang bisa berujung pada depresi jika dibiarkan. “Seafood mengandung salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, omega 3, omega 6, dan omega 9. Ketiga jenis asam lemak ini paling banyak ditemukan di dalam seafood. Nah, salah satu manfaatnya adalah untuk mengurangi stres. Dengan demikian, mengonsumsi seafood segar secara rutin bisa membantu kamu untuk menyingkirkan stres,” Dr. Elvira menjelaskan. So, beruntung banget buat kamu yang hobi makan seafood karena ternyata hobi makanmu ini juga bisa melenyapkan stres. Tips sehat ini penting banget diperhatikan oleh para perempuan urban.

Banyak orang yang menghindari seafood karena takut kadar kolesterol dalam darah tiba-tiba melonjak. Atau nggak sedikit juga yang terserang sakit kepala hebat setelah pesta seafood dan kemudian mengambinghitamkan makanan laut sebagai penyebabnya. Padahal, mengonsumsi seafood dengan jumlah yang benar justru menjadi bagi jantung kita. “Kolesterol sebenarnya adalah zat yang sudah diproduksi oleh tubuh. Asupan makanan hanya berperan kecil dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Jika kita mengonsumsi seafood dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan, seafood justru bisa menyehatkan jantung.DominoQQ

Bisa dikatakan kita wajib mengonsumsi seafood secara rutin. Eits, jangan dulu menyangkal karena semua tips sehat ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Seafood sebaiknya dikonsumsi secara rutin karena seafood mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh namun tidak diproduksi oleh tubuh. “Seafood mengandung asam amino esensial yang sangat diperlukan tubuh. Namun sayang, zat ini tidak diproduksi tubuh. Jadi, mengonsumsi seafood secara rutin adalah cara terbaik agar kebutuhan asam amino esensial tubuh terpenuhi

Bisa dikatakan bahwa seafood merupakan salah satu sumber protein tinggi yang paling sedikit mengandung efek samping dibandingkan dengan daging. So, seafood bisa menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan protein harian kamu. “Kebutuhan kalori tubuh setiap hari sekitar 2.100 kalori, ini tentu saja tergantung pada berat tubuh dan jenis aktivitas. Jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh sekitar 30% dari jumlah kalori harian.

coba ingat berapa lama terakhir kali kamu mengonsumsi seafood? Merasa jenuh, penat, dan mulai terserang stres? Coba melangkahkan kaki ke rumah makan seafood! Singkirkan stres dengan cara menyenangkan. Perut kenyang, stres pun hilang!

SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Ini dia beberapa resep masakan yang bisa kamu coba dirumah :

Tom Yum Soup Seafood
Bahan:
10 ekor udang
250 gr cumi
200 gr ikan dori fillet
4 potong tofu
2 buah wortel
1 ikat sawi hijau
Kaldu Udang:
Kepala dan kulit udang
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
6 buah cabai rawit
4 buah cabai merah besar
1 sdt merica
2 biji kemiri
Bumbu Tom Yum: 
1 batang sereh
1 ruas lengkuas
4 lbr daun jeruk
2 buah jeruk nipis
3 sdm kecap asin
2 sdm minyak ikan
Garam, gula dan kaldu jamur secukupnya 
Cara Membuat: 
Berishkan udang dari kepala dan kulitnya. Jangan buang kulit dan kepala untuk bumbu udang.
Potong-potong cumi memanjang. Potong dadu ikan dori.
Kupas wortel dan potong tipis memanjang.Setelah seafood bersih, beri sedikit garam dan 2 sdm kecap asin. Sisihkan.
Panaskan minyak, tumis semua bahan kaldu udang. Tumis hingga kepala udang berubah menjadi warna oren. Tambahkan 2 gelas air dan air jeruk nipis, masak hingga mendidih.
Kemudian blender tumisan kaldu udang hingga halus lalu ambil airnya saja.
Haluskan bumbu, seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, kemiri, dan merica.
Tumis bersamaan dengan bumbu kaldu udang. Masak hingga mendidih.
Masukkan wortel, masak selama 2 menit. Masukkan seafood, tofu, daun jeruk, sereh, dan lengkuas.
Aduk rata, kemudian tambahkan sawi, garam, gula dan kaldu jamur. Tes rasa.
Jika sudah pas, angkat dan tom yum soup siap disajikan.

Seafood Asam Manis

Bahan:
10 ekor udang
10 keping kerang dara/hijau
3 ekor cumi-cumi
3 buah sosis
2 buah jagung
Bumbu:
1 buah bawang bombay
2 siung bawang putih
1 batang serai, memarkan
5 buah cabai rawit iris (optional)
4 sdm saus tomat
2 sdm saus sambal
2 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/2 sdt merica bubuk
gula dan garam secukupnya
air secukupnya 
Cara membuat:
Cuci bersih udang, kerang dan cumi, potong-potong cumi, sosis dan jagung, sisihkan. Goreng sebentar udang dan cumi. Rebus kerang hingga cangkangnya terbuka, tiriskan. 
Iris tipis bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga matang harum. 
Masukkan cabai rawit, serai, saus tomat, saus sambal, kecap manis dan saus tiram. Tuang air secukupnya, masak hingga mendidih. 
Masukkan gula dan garam secukupnya, aduk rata lagi. Masukkan sosis dan jagung, masak hingga matang.Masukkan semua seafood, aduk rata. Tes rasa, jika sudah pas, angkat.

Selamat mencoba resep seafood andalan untuk dirumah.


Posting Komentar

0 Komentar