Resep Bikin Ayam Geprek yang Renyah Gurih Pedas Kayak di Warung-Warung

 



sukamakan010- Selain ayam goreng crispy, ayam geprek menjadi alternatif olahan ayam yang banyak peminatnya. Rasanya yang simpel, membuat sajian ayam geprek tak bosan dimakan. Wajar jika warung-warung penjual ayam geprek selalu ramai pembeli dari anak-anak sampai orang dewasa.

Ayam geprek sendiri merupakan hidangan Indonesia yang terdiri dari ayam goreng berlapis tepung yang kemudian diulek atau dilumatkan dengan sambal. "Geprek" sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti "dipukul" atau "ditekan", sehingga ayam geprek adalah ayam goreng tepung yang dipukul atau ditekan dengan ulekan, lalu dicampur atau dibalur dengan sambal.
Hidangan ini populer di Indonesia dan negara-negara tetangga, meskipun asalnya berasal dari Yogyakarta, Jawa. Ayam geprek mirip dengan ayam penyet, yang juga merupakan hidangan ayam goreng yang dipukul dengan ulekan dan dicampur dengan sambal.DominoQQ

Perbedaannya terletak pada cara pengolahan ayamnya. Ayam penyet adalah ayam goreng tradisional Jawa yang diungkep dengan bumbu kuning sebelum digoreng, sedangkan ayam geprek lebih mirip dengan ayam goreng gaya barat yang berbalut tepung.
Ayam geprek mendadak populer di Indonesia sejak tahun 2017 dan telah menjadi salah satu hidangan favorit masyarakat karena rasa pedas dan kelezatannya. Mengingat resepnya sederhana, sebenarnya kamu juga bisa membuat ayam geprek ala warung-warung sendiri di rumah. Berikut ini resepnya!

Tips Membuat Ayam Goreng Tepung yang Renyah

Pilih Tepung yang Tepat
Gunakan campuran tepung terigu dan tepung maizena untuk memberikan tekstur yang renyah pada ayam goreng. Tepung terigu akan memberikan kerenyahan, sementara tepung maizena akan membantu menciptakan lapisan yang lebih renyah.
Gunakan Putih Telur
Campurkan putih telur ke dalam adonan tepung untuk membantu lapisan tepung menempel dengan baik pada ayam. Hal ini akan membantu mendapatkan kulit ayam yang lebih renyah dan tidak mudah lepas.
Celupkan Ayam dengan Tepat
Sebelum membalut ayam dengan tepung, rendam ayam dalam campuran tepung terigu dan tepung maizena untuk membantu lapisan tepung menempel dengan baik.
Dapatkan Tekstur yang Kriuk
Setelah membalut ayam dengan tepung, cobalah untuk mencubit-cubit permukaan ayam supaya lapisan tepungnya lebih kriuk. Hal ini akan membantu menciptakan tekstur renyah pada ayam goreng.
Gunakan Teknik Deep-Fry
Teknik memasak deep-fry dengan minyak yang banyak dan panas akan membuat kulit ayam menjadi renyah dan dagingnya matang dengan cepat serta merata. Pastikan ayam benar-benar terendam minyak saat dimasak.
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Resep Ayam Geprek yang Renyah Gurih Pedas Mantap

Bahan-bahan:
Paha ayam
Bawang putih
Ketumbar bubuk
Lada bubuk
Penyedap
Tepung maizena
Air
Tepung terigu
Tepung siap saji (spicy)
Lada hitam bubuk
Paprika bubuk (opsional)
Garam
Minyak untuk menggoreng
Bahan-bahan sambal sesuai selera (cabe rawit, bawang merah, bawang putih, garam, kaldu jamur, dan lainnya)
Cara Membuat:
Lumuri paha ayam dengan campuran tepung maizena, lada bubuk, garam, dan penyedap.
Celupkan paha ayam ke dalam campuran tepung terigu dan tepung siap saji.
Goreng paha ayam hingga kecokelatan dan renyah. Tiriskan.
Ulek atau haluskan bawang putih, ketumbar bubuk, lada bubuk, dan garam hingga halus.
Tumis bumbu yang telah diulek hingga harum. Tambahkan air dan masak hingga mendidih.
Geprek paha ayam yang telah digoreng dengan menggunakan ulekan atau alat lainnya.
Letakkan ayam geprek di atas sambal yang telah disiapkan.
Ayam Geprek siap disajikan dengan nasi hangat atau lalapan.

Selamat mencoba resep Ayam Geprek yang Renyah, Gurih, dan Pedas ini! Kamu juga dapat menyesuaikan bumbu dan sambal sesuai dengan selera pribadi.


Posting Komentar

0 Komentar