Tak Hanya Bikin Happy Ini 5 Resep & Manfaat Makanan Manis Bagi Tubuh



sukamakan010- Makanan manis sering dikaitkan dengan kekhawatiran masalah kesehatan. Banyak yang menganggap bahwa makanan manis dapat menyebabkan penyakit obesitas, diabetes, kerusakan gigi, gangguan metabolik, dan lain-lain. Padahal, manfaat makanan manis juga tak kalah banyaknya.

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dan tidak dikontrol dengan baik memang bisa berisiko terkena penyakit akan tetapi, jika mengonsumsinya dengan bijak dan dalam batasan yang tepat, makanan manis juga dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Berikut manfaat dari makanan manis bagi kesehatan yang dikonsumsi dengan bijak.
1. Sumber Energi Instan
Makanan manis seperti gula, madu, dan sirup mengandung karbohidrat sederhana yang bisa dengan cepat diubah menjadi glukosa. Nantinya akan dialirkan oleh sel-sel tubuh dan diubah menjadi energi di dalam tubuh. Namun, tidak semua sel tubuh menggunakan glukosa sebagai energi.
Contohnya sel-sel hati dan sel-sel otot yang menyimpan glukosa untuk dijadikan energi. Konsumsi makanan manis yang tepat dan dalam jumlah sesuai dapat membentuk energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Proses penyimpanan dan penggunaan glukosa sebagai energi merupakan mekanisme penting dalam menjaga keseimbangan gula darah.
2. Meningkatkan Mood
Dengan mengonsumsi makanan manis, tubuh dapat merangsang produksi serotonin dalam otak yang dikenal sebagai hormon "bahagia". Serotonin dapat mempengaruhi suasana hati dan memberikan perasaan bahagia dan nyaman. Makanan manis juga dapat merangsang pelepasan endorfin yang merupakan senyawa kimia alami dalam tubuh.
Pelepasan endorfin ini dapat memberikan efek pereda stres dan meningkatkan suasana hati yang memberikan perasaan senang serta euphoria setelah mengonsumsinya. Namun, perlu diingat hal ini dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan karena mengonsumsi gula yang berlebihan dapat memicu fluktuasi mood buruk.
3. Nutrisi Tambahan
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Makanan manis seperti buah-buahan memberikan nutrisi tambahan. Misalnya, jeruk, stroberi, dan mangga merupakan buah yang mengandung vitamin C dan penting untuk sistem kekebalan tubuh.
Sementara buah-buahan pisang dan apel mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Memilih makanan manis yang alami dan sehat dapat memperoleh manfaat nutrisi tambahan.
4. Antioksidan dan Perlindungan Tubuh
Beberapa makanan manis seperti dark chocolate, buah-buahan, madu, dan teh hijau dapat mengandung antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.
Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang bisa menyebabkan stres oksidatif dalam tubuh. Mengonsumsi makanan manis dengan kandungan antioksidan tinggi dapat memberikan manfaat perlindungan bagi kesehatan tubuh.
5. Pemenuhan Kebutuhan Gizi
Makanan manis seperti kue, roti manis, atau makanan penutup lainnya dapat memberikan rasa nikmat dan memberikan kepuasan bagi yang mengonsumsinya. Meskipun makanan tersebut dianggap sebagai makanan yang perlu dibatasi, mereka juga dapat menjadi bagian dari pola makan seimbang jika dikonsumsi dengan benar.
Dengan proporsi yang tepat dan dikombinasikan makanan sehat lainnya, makanan manis dapat memenuhi kebutuhan gizi.
Itu dia manfaat dari makanan manis. Apabila dikonsumsi secara benar dan dalam jumlah yang tepat, makanan manis dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.DominoQQ

5 Resep Makanan Dari Ceri Manis

Ceri manis adalah sumber antioksidan yang dapat membantu menstabilkan radikal bebas nan berpotensi mempercepat penuaan kulit. Buah ini juga merupakan sumber alami vitamin A yang dapat membantu mendukung hidrasi alami kulit dan vitamin C yang memainkan peran penting dalam sintetis kolagen.
Vitamin C juga dapat membantu memerangi efek yang dapat ditimbulkan oleh sinar UV pada kulit yang sangat penting di musim panas, Berikut beberapa makanan yang menggunakan ceri manis dan bisa kamu pertimbangkan untuk membuatnya.
1. Chocolate cherry smoothie
Mulailah pagi harimu dengan smoothie yang sehat dan kaya nutrisi. Makanan super seperti yoghurt Yunani dan biji chia menawarkan energi untuk memulai hari, dan ceri manis segar memberikan perpaduan warna yang cantik dan rasa yang kaya.
2. Sweet cherry salsa
Salsa manis gurih bisa menambah cita rasa makanan seperti ikan. Pasangkan dengan keripik dan tambahkan buah dan sayuran seperti bawang merah, paprika, bawang putih, jalapeno, dan ceri.
3. Sweet cherry bruschetta
Cobalah roti panggang bruschetta yang cocok untuk makan malammu. Sentuhan yang menyenangkan dan penuh warna pada hidangan pembuka Italia klasik ini dibuat dengan ceri, jeruk nipis, dan daun ketumbar yang merupakan makanan kaya antioksidan dan mencerahkan kulit.
4. Grilled wild salmon dengan ceri dan bawang bombay

Tambahkan sepotong salmon liar atau salmon lokal lainnya dengan chutney ceri manis. Padukan dengan jahe, yang dikemas dengan senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan bengkak, dan cuka anggur merah yang mengandung antioksidan untuk melawan kerusakan kulit.
Saus ini bisa disimpan untuk membuat dada ayam panggang, sandwich sayuran, atau salad cincang renyah berikutnya.
5. Sweet cherry pie
Campilan pie ini adalah cara lama yang otentik untuk menikmati ceri manis. Saat ceri dimask, jusnya terlepas dan berkurang, yang menciptakan rasa manis alami yang dipadukan dengan kurang dari satu cangkir gula tambahan. 

Itulah beberapa resep makanan manis yang bisa kami coba buat dirumah.

Posting Komentar

0 Komentar