5 Olahan Mie Khas Taiwan Wajib Coba, Menggoyang Lidah!

Sukamakan010 -  Mie merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Taiwan yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Faktor inilah yang membuat masyarakat Taiwan memiliki beragam olahan mie. 

Dengan kombinasi berbagai macam topping, olahan mie khas Taiwan sayang untuk gak kamu cobain. Berikut ini olahan mie khas Taiwan yang bisa kamu coba setidaknya sekali seumur hidup, simak daftarnya!


1. Sian hii mi

Sian hii mi menggunakan jenis mie telur yang memiliki tekstur kenyal kemudian dimasak dengan saos khusus. Namun, yang membuat hidangan ini istimewa adalah sian hii mi ditambahkan daging belut yang telah dibumbui dengan cuka beras hitam dan kecap. 

Sebagai pelengkap, kamu juga dapat menambahkan jamur kuping kayu dan telur agar terasa lebih nikmat saat menyantapnya. Makanan ini sangat mudah dijumpai di Taiwan yang banyak dijual di warung pinggir jalan dan restoran.


2. Oa mi soa

Bagi kamu yang ingin mencicipi olahan mie khas Taiwan dengan cita rasa paling autentik maka oa mi soa dapat dijadikan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan kuah kaldu dari oa mi soa dimasak dengan mencampurkan banyak bumbu seperti bawang putih, jahe, arak beras, saos tiram, daun kemangi dan tepung maizena agar tekstur kuahnya menjadi kental.

Sebelum disajikan, oa mi soa diberi topping berupa daging kerang segar serta usus babi rebus. kamu bisa maracik kembali kuah dari oa mi soa dengan menambahkan saos cabai, cuka dan kecap.


3. Taa mi

Taa mi memiliki porsi yang cukup kecil sehingga dikategorikan sebagai makanan ringan. Hidangan ini terdiri dari mie danzi yang terbuat dari tepung gandum lalu disiram dengan kuah kaldu babi yang gurih kemudian ditambahkan udang atau irisan daging babi.

Taa mi termasuk salah satu hidangan klasik khas Taiwan yang diciptakan oleh seorang nelayan lokal pada tahun 1895. Namun, beberapa bumbu dari taa mi hingga saat ini masih rahasia. DominoQQ


4. Beef noodle soup

Beef noodle soup dikenal akan cita rasa kuahnya yang sangat pedas karena menggunakan merica dan cabe sichuan yang masuk dalam daftar cabe terpedas di dunia. Sedangkan isiannya terdiri dari mie, sayur-sayuran serta potongan daging sapi yang telah dibumbui.

Kepopuleran beef noodle soup membuatnya dijadikan sebagai salah satu hidangan nasional negara Taiwan. Bahkan masyarakat Taiwan menyelenggarakan festival beef noodle soup di ibu kota Taipei.


5. Taiwanese soy sauce noodles

Proses pembuatan taiwanese soy sauce noodles lebih mudah dan cepat jika dibandingkan dengan hidangan mie khas Taiwan lainnya. Dibutuhkan waktu kurang lebih lima menit untuk dapat menghidangkan taiwanese soy sauce noodles.

Untuk membuatnya, rebus mie dalam air mendidih lalu ditiriskan. Kemudian, bumbui mie dengan saos khusus yang terbuat dari campuran kecap, cuka hitam, gula, minyak wijen, serta minyak cabai. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat menambahkan telur, tahu, ayam suwir dan sayur-sayuran.

Kelima olahan mie khas Taiwan tadi populer di kalangan pencinta kuliner. Sedangkan waktu terbaik untuk menikmati hidangan mie tersebut adalah ketika cuaca sedang dingin terutama di malam hari. 

Posting Komentar

0 Komentar