5 MACAM OLAHAN KHAS DARI BAHAN DASAR TELUR

 


sukamakan010- Pernah membuka kulkas dan bahan makanan yang tersedia adalah telur? Saat stok bahan pangan menipis atau kehabisan ide memasak, telur ternyata selalu bisa diandalkan. Dikenal sebagai sumber protein, ada banyak olahan telur yang bisa dibuat sebagai lauk maupun camilan lezat.

Begitu seru mengolah telur, kamu bisa sesuaikan dengan selera favoritmu. Mulai dari hanya digoreng, direbus,  hingga dimasak dengan bumbu tertentu. Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. Namun kalau kamu masih bingung, berikut 5 macam olahan telur yang bercita rasa Indonesia yang bisa menjadi referensi masakan. DominoQQ



1. Variasi Telur Dadar


Siapa yang bisa menolak kenikmatan telur dadar? Tampak sederhana, olahan telur ini begitu nikmat menemani sepiring nasi hangat. Teksturnya renyah, telur dadar juga terasa lembut ketika dikunyah. 

Menjadi andalan banyak orang, telur dadar bisa dikreasikan dengan beragam cara. Pecahkan telur ke mangkuk, beri irisan daun bawang, sejumput garam dan Jawara Cabai Tabur Bawang Goreng. Kocok hingga tercampur rata, goreng di wajan anti panas. Bisa dibayangkan ya wangi telur dadar yang menggugah selera. 


2. Telur Balado


Masakan khas Minang, telur balado adalah telur rebus yang ditumis dengan sambal merah. Sambal merah ini dibuat dari campuran cabai merah besar, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, kemiri yang dihaluskan. Setelah dihaluskan, tumis bumbu hingga harum. Masukkan telur rebus kupas dan masak hingga bumbu meresap.sukamakan010

Meskipun khas Minang, telur balado rupanya cocok dipadukan dengan banyak macam lauk. Tak hanya untuk makan siang ataupun malam, telur balado juga pas dinikmati pagi hari. Sebagai lauk nasi uduk atau nasi kuning misalnya, telur balado tak ada tandingannya!


3. Tahu Telur

Merupakan kuliner dari Jawa Timur, tahu telur sekilas menyerupai telur dadar. Bedanya, ada elemen tambahan seperti tahu, kol, taoge, dan saus kacang. Kerap disajikan dengan potongan lontong maupun nasi putih, sajian ini juga tidak kalah nikmat disantap begitu saja.

Untuk membuatnya, adonan telur kocok dicampur dengan potongan tahu. Goreng hingga matang, sajikan di piring dengan irisan kol dan taoge. Siram dengan bumbu kacang dan kecap. Agar semakin nikmat, kamu bisa tambahkan Jawara Saus Sambal Hot di atasnya. Bertekstur renyah dari sayuran serta telurnya, hidangan ini bisa menemanimu nonton film di rumah.


4. Semur Telur 


Semur adalah salah satu masakan paling populer di Indonesia. Ada beragam varian semur, salah satunya adalah telur. Malah, kamu bisa tambahkan stok bahan makanan yang ada di kulkas seperti tahu, buncis, bahkan wortel. Terasa manis dan gurih, semur telur bisa menjadi lauk praktis yang nikmat di rumah. 

Cara membuatnya pun cukup mudah. Tumis irisan bawang merah, bawang putih, masukkan telur yang telah direbus. Tambahkan air dan kecap hingga telur terendam. Bumbui dengan garam, merica bubuk, dan gula. Masakan rumahan yang lezat seperti ini sulit untuk ditandingi, bukan?


5. Telur Gulung


Satu jajanan yang pernah dan masih populer di Indonesia. Kerap hadir dalam berbagai festival jajanan, telur gulung merupakan adonan telur kocok dan larutan tepung maizena  yang dibumbui. Kemudian dituang ke minyak panas yang banyak. Telur yang mengapung di atas minyak kemudian digulung menggunakan tusuk satai.

Pastikan minyak dalam jumlah banyak dan sangat panas. Agar adonan telur cepat matang dan bisa digulung dengan mudah. Telur gulung ini bisa disantap dengan saus favorit maupun Jawara Saus Sambal Extra Hot. Bisa dibayangkan ya rasa gurih dan pedas menyatu di setiap gigitannya, kamu bisa ketagihan loh!

Dengan kelima olahan telur ini, jadikan hari-harimu di rumah terasa lebih seru. Tidak perlu cemas lagi kehilangan ide membuat lauk atau camilan mudah dan nikmat. Setelah menguasainya, kamu juga bisa coba beragam masakan hemat yang lezat untuk di meja makan. Selamat mencoba!


Posting Komentar

0 Komentar