Aneka Jajanan Pasar, Sudah Coba Semua?

 



sukamakan010Ragam Jajanan Pasar Basah Dalam buku Ragam Kudapan Jawa, Murdijati Gardjito, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, mengatakan bahwa jajanan pasar basah memiliki jumlah yang lebih banyak dibanding jajanan pasar kering.  Lebih lanjut, Murdijati juga menyebut bahwa jajanan pasar basah biasanya didominasi rasa manis dan legit yang menjadi ciri khasnya. Berikut adalah macam-macam jajanan pasar basah yang dirangkum dari berbagai sumber:



Klepon

Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat.


Apem

Apem merupakan jenis jajan pasar yang terbuat dari tepung beras dan campuran telur, santan, gula dan tape serta sedikit garam. Adonan apem dibakar atau dikukus dan memilki rasa manis khas tape. Kue apem diyakini dibawa Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan Prabu Brawijaya. Kue apem bahkan masuk dalam kekayaan budaya Jawa.DominoQQ


Cucur

Kue cucur termasuk jenis jajan pasar yang banyak ditemui di tempat jajanan pasar. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras dan gula aren yang digoreng. Kue ini tebal menggembung seperti gunung di bagian tengah dan tipis di pinggirannya. Di Indonesia, khususnya Jakarta, makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi.


Serabi

Serabi termasuk kue basah yang khas di Indonesia. Ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca (gula merah cair) dan serabi asin dengan atau tanpa taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Jenis serabi lainnya yang berasal dari Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dipanggang di atas arang mirip panekuk.


Lemper

Lemper merupakan salah satu jenis jajan pasar yang populer hampir di seluruh Indonesia. Lemper merupakan camilan ketan beras dengan isi ayam atau abon, yang dibalut dengan daun pisang.


Putu

Kue putu termasuk jenis jajan pasar yang unik. Kue ini biasa dijual dengan gerobak dengan bunyi yang khas. Kue putu terbuat dari butiran kasar tepung beras, parutan kelapa yang dimasak di dalam tabung bambu kecil dan diisi dengan gula merah.


Ragam Jajanan Pasar Kering Selain kudapan basah, ada juga yang disebut sebagai jajanan pasar kering. Jajanan pasar ini biasanya memiliki rasa gurih dan tekstur yang renyah.


Bakwan

Bakwan merupakan gorengan yang mungkin bisa ditemukan di mana saja. Jenis jajan pasar yang biasanya berbentuk mangkok ini terdiri dari adonan tepung berisi sayuran dengan rasa yang begitu lezat. Apalagi jika ditambahkan dengan cabai rawit atau saus sambal.


Lumpia

Lumpia merupakan jenis jajan pasar populer yang berasal dari Semarang. Lumpia adalah jajanan yang terdiri dari kulit dan isian. Gorengan satu ini biasanya memiliki isian rebung atau bihun goreng.


Pastel

Jenis jajanan pasar berikutnya adalah pastel. Pastel memiliki rasa yang gurih dan renyah, sehingga banyak orang menyukainya. Apalagi, isi dari pastel bisa dibuat beragam. Ada yang isinya sayuran, ada pula yang diisi dengan tambahan telur atau daging. Menyantapnya dengan cabe rawit begitu nikmat.


Kembang Goyang

Dinamakan demikian karena kue asal Betawi yang berbahan dasar tepung beras serta memiliki rasa manis dan renyah ini berbentuk kembang dan cara pembuatannya harus digoyang-goyang dari cetakannya sehingga bisa mekar di dalam wajan yang berisi minyak panas. 


Rengginang

Rengginang merupukan kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan dibentuk bulat yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng panas dalam minyak goreng dalam jumlah yang banyak.


Posting Komentar

0 Komentar