Menikmati Kelezatan Makanan Khas Korea Kimbab

 sukamakan010- Kimbab  menjadi populer di Korea Selatan dari tahun 1960-an hingga 1970-an sebagai jenis makanan portabel atau makanan cepat saji karena mudah dimakan tanpa lauk dan yang pasti bisa membuat perut kenyang. 

Sebelumnya, hanya orang kaya yang diizinkan membawa kimbap dalam karyawisata. Selama bertahun-tahun, Kimbap disebut 'Norimaki' di Korea Selatan sebelum akhirnya pada tahun 1948 Pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk mengubah penamaannya menjadi 'Kimbab'.DominoQQ


Jenis-Jenis Kimbap

Nah semakin berkembangnya zaman, Korea Selatan pun mulai memberikan variasi pada masakan kimbabnya. Beberapa jenis kimbab ini adalah Chungmu Kimbab, artinya kimbab ini tidak ada isinya atau benar-benar hanya nasi yang dibungkus dengan nori, tetapi biasanya ketika memakan chungmu kimbab, akan didampingi dengan ojingeo-muchim (salad cumi-cumi) pedas dan seokbakji (kimchi lobak). 

Lalu yang kedua, Mayak Kimbap. Nah kimbab yang satu ini berbentuk kecil dan menjadi  makanan khas Pasar Gwangjang di Seoul. Mayak secara literal berarti 'obat', mungkin karena untuk rasanya yang adiktif dan pekat. Mayak berukuran kecil, berisi wortel, bayam, dan danmuji (acar lobak kuning) yang ditaburi biji wijen dan dicelupkan ke dalam saus yang terbuat dari kecap dan mustard.

Selanjutnya ada lagi, Samgak Kimbap. Nah kimbab yang ini mirip-mirip bentuknya dengan onigiri nih. Biasanya Samgak Kimbab ini akan berisi topping yang bermacam-macam, mulai dari kimchi, tuna mayonnaise, salmon, ataupun topping lainnya. 


Cara Membuat Kimbab

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

4 lembar rumput laut (seaweed)

2 ½ cangkir nasi putih yang telah dimasak

1 sendok makan cuka beras

1 sendok teh garam

1 sendok makan minyak wijen

1 sendok teh biji wijen (opsional)

200 gram daging (dapat berupa daging ayam, daging sapi, atau ham), potong menjadi strip tipis

4 butir telur, kocok lepas

Sayuran seperti wortel, mentimun, dan bayam, potong menjadi strip tipis

Keju (opsional), potong menjadi strip-tipis

Minyak sayur (untuk memasak)


Langkah-langkah Pembuatan Kimbab:

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Potong daging, sayuran, dan keju menjadi strip-tipis agar mudah digulung.

Panaskan sedikit minyak sayur di atas wajan dan tumis daging hingga matang. Tambahkan sedikit garam atau kecap untuk memberikan rasa pada daging. Jika menggunakan ham, bisa melewatkan langkah ini karena ham sudah matang.

Setelah daging matang, sisihkan dan gunakan wajan yang sama untuk membuat telur dadar tipis. Kocok lepas telur dan tuangkan ke dalam wajan yang dipanaskan. Goreng telur hingga matang dan angkat dari wajan. Potong telur dadar menjadi strip tipis.

Sekarang, siapkan nasi. Letakkan nasi yang telah dimasak dalam sebuah mangkuk. Tambahkan cuka beras, garam, minyak wijen, dan biji wijen (jika menggunakan) ke dalam nasi. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata dengan nasi.DominoQQ


LINK ALTERNATIF : JAYASAHABAT.NET

Ambil selembar rumput laut (seaweed) dan letakkan di atas sebuah papan pemotong. Ratakan sekitar setengah cangkir nasi di atas rumput laut, meninggalkan sedikit ruang kosong di bagian atas.

Tambahkan isian sesuai selera di atas nasi. Bisa juga menggunakan daging, sayuran, telur, dan keju. Pastikan untuk meratakan isian sehingga kimbap nanti dapat digulung dengan rapi.

Mulailah menggulung kimbab dengan hati-hati. Pegang ujung rumput laut dan gulung perlahan-lahan ke arah yang berlawanan, jepit isian di dalamnya dengan jari-jari. Pastikan gulungan tersebut cukup kencang agar nantinya mudah dipotong.

Setelah kimbab digulung, gunakan pisau yang tajam untuk memotongnya menjadi beberapa bagian. Bersihkan pisau setiap kali memotong untuk hasil yang lebih rapi.

Ulangi langkah 5 hingga 8 dengan lembaran rumput laut dan isian yang tersisa.

Kimbab siap disajikan! Selain itu, kimbab dapat disajikan dengan saus yang biasa disertakan dalam hidangan Korea seperti saus gochujang (saus cabai fermentasi) atau saus kedelai. Potong kimbab menjadi dua bagian diagonal dan susun di atas piring.



Posting Komentar

0 Komentar