Cupcake, Bolu Mungil dan Cantik yang Populer di Amerika Serikat

sukamakan010- Siapa sih yang ngga kenal cupcake? Kue berukuran mini yang memiliki hiasan warna-warni nan lucu ini sudah dikenal sejak abad ke-19 loh! Cupcake sangat populer di Amerika, bahkan tanggal 15 Desember ditetapkan sebagai hari cupcakes nasional. Di Inggris dan Australia kue ini dikenal dengan nama fairy cake karena ukurannya yang mungil. Sebenarnya gimana sih awal mula terciptanya cupcake? Kali ini PergiKuliner akan memberikan ulasan tentang sejarah cupcake yang perlu kamu ketahui. Penasaran? Simak yuk!

Awalnya cupcake berkembang di Amerika. Ukuran cupcake tidak selamanya mini, namun karena bahan-bahan yang digunakan biasanya ditakar dalam ukuran cup (mangkok), bukan ditimbang, akhirnya kue ini mendapat julukan cupcake. Yang menarik, awalnya kue tersebut dipanggang di cangkir teh sebelum penemuan cup pan seperti saat ini loh.DominoQQ


Resep cupcake sendiri dikenalkan mulai tahun 1796 dalam American Cookery yang ditulis oleh Amelia Simms. Dia menuliskan resep dengan judul "kue yang dipanggang di dalam cangkir kecil". Lalu, di tahun 1828, dalam buku masak karya Eliza Leslie kata cupcake mulai diperkenalkan.

Seiring perkembangan zaman, akhirnya terciptalah cetakan yang terbuat dari kaleng untuk membuat cupcake yang diberi nama muffin tins. Resep cupcake pun juga mulai beragam. Meskipun masih memakai bahan dasar yang sama, yakni mentega, gula, telur, dan tepung, namun cupcake sekarang sudah memiliki varian rasa yang cukup banyak. Dan tentu saja agar lebih menarik, cupcake dihiasi dengan berbagai macam topping.


Bagi kamu yang penggemar makanan manis pasti sudah enggak asing dengan cupcake, nih, Kids.

Yap, kue mini yang penampilannya penuh warna dan menggugah selera ini merupakan salah satu kue yang populer dan banyak digemari para orang-orang dengan sweet tooth.

Saking populernya kue ini punya hari peringatannya sendiri, lo! National Cupcakes Day diperingati setiap tanggal 15 Desember tiap tahunnya di Amerika.

Cupcakes yang berukuran mini sebenarnya merupakan kue bolu yang dicetak menggunakan cetakan cupcake dan dihias dengan berbagai topping seperti whipped cream, frosting, icing sugar, fondant, hingga edible image di atasnya.

Biasanya kue yang terlihat penuh warna ini bisa dijadikan sajian untuk meramaikan suasana perayaan ulang tahun atau jamuan keluarga.DominoQQ


Lalu, seperti apa sih sejarah dari kue mungil yang cantik ini? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam uraian di bawah ini, Kids.

Cupcakes sudah dikenal di Amerika Serikat sejak abad ke-19 dan menjadi kue yang banyak digemari oleh ibu-ibu rumah tangga.

Hal itu dikarenakan jenis kue ini cukup mudah dan enggak butuh waktu lama untuk dibuat.

Resep cupcakes dikenalkan pada tahun 1796 atau akhir abad 18 dalam sebuah buku masakan bernama American Cookery karya Amelia Simms.

Dalam buku resepnya, Amelia menuliskan nama resepnya dengan "kue panggang cangkir kecil".

Sekitar 3 dekade setelahnya, istilah cupcake dalam buku masakan karya Eliza Leslie mulai diperkenalkan pada masyarakat pada 1828.


Nama cupcakes disebut berasal dari wadah tempat cupcakes ini dimasak dulunya, yaitu cangkir tembikar yang cukup berat.

Selain itu, cangkir tembikar juga dipergunakan untuk mengukur bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cupcakesnya.

Selain dikenal dengan sebutan fairycake, cupcakes juga dulunya sempat dikenal dengan nama cake 1234.

Hal ini berkaitan dengan takaran yang digunakan untuk membuat kue ini, yaitu 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung terigu, dan 4 butir telur.

Kue ini kini berkembang jadi beragam varian namun, tetap memertahankan bentuknya dalam sebuah cup dengan hiasan yang begitu meriah dan memanjakan mata orang yang melihatnya.
LINK ALTERNATIF: JAYASAHABAT.NET

 

Posting Komentar

0 Komentar