8 Minuman Korea Selatan yang Bisa Kamu Coba

 
sukamakan010- Korea Selatan adalah bangsa yang kaya budaya. Termasuk diantaranya adalah kaya makanan dan minuman khas. Jika Anda merupakan penggemar drama Korea, pasti Anda sudah tidak asing dengan minuman khas Korea Selatan, seperti Soju. Namun sayangnya, minuman yang satu ini mengandung alkohol, sehingga hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan terbatas saja di Indonesia. DominoQQ

Selain soju, berikut ini beberapa minuman khas korea yang patut untuk Anda coba:

1. Yuja Tea


Yuja tea, atau Yuja cha atau Yuzu tea (di luar Korea) adalah minuman sejenis teh atau sirup yang terbuat dari larutan selai buah yuja dengan air panas. Minuman ini umumnya dikonsumsi saat musim dingin karena tidak hanya bisa membantu menghangatkan tubuh, tetapi juga disebut-sebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh di musim dingin. 

Yuja tea memang nikmat untuk diminum hangat-hangat di kala musim dingin. Namun rasanya yang agak pahit membuat minuman yang satu ini akan terasa lebih baik jika dikonsumsi bersama gula atau madu. Alih-alih membuat teh ini secara mandiri dengan mencari buah yuja di Korea Selatan sana, Anda bisa menikmati Yuja Tea secara mandiri dengan menyeduh Ottogi Honey Plum Tea. 

Sesuai dengan namanya, Ottogi Honey Plum Tea adalah minuman yang terbuat dari paduan ekstrak buah plum dengan madu. Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas, dan Yuja Tea versi Anda sudah bisa dinikmati di kala hujan. Sama seperti Yuja Tea dengan menggunakan buah Yuja, Ottogi Honey Plum Tea juga disebut-sebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, tunggu apalagi segera dapatkan minuman ini di LOTTE Mart.

2. Banana Milk


Penggemar drama Korea pasti sudah tidak asing dengan minuman khas Korea ini. Yup! Sejak dirilis pada tahun 1974, Banana Milk Binggrae sudah rajin wara-wiri di berbagai drama Korea terkenal, seperti Reply 1988. Bahkan minuman ini juga menjadi favorit Tom Holland saat aktor asal United Kingdom tersebut pergi ke Korea Selatan untuk mempromosikan filmnya. 

Ketenaran minuman berbahan utama susu dengan cita rasa pisang ini wajar terjadi di negeri Ginseng tersebut. Pasalnya, ketika minuman ini diperkenalkan pada tahun 1974, pisang merupakan buah yang mahal bagi masyarakat Korea Selatan. Hal ini menjadikan mereka membeli minuman rasa pisang alih-alih buah pisangnya langsung. 

3. Olatte



Tidak seperti Banana Milk atau Yuja Tea yang merupakan minuman tradisional Korea Selatan, Olatte adalah minuman kaleng korea yang patut untuk Anda coba, baik itu ketika sedang di Indonesia saja maupun ke negeri asalnya.

Olatte adalah salah satu minuman korea halal yang bisa Anda nikmati dimana saja dan kapan saja. Pasalnya, minuman yang satu ini terbuat dari ekstrak buah-buahan non alkohol dan tidak mengandung soda. Akibatnya, Olatte cenderung aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung dan bahkan mengandung kalsium, sebuah mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Dapatkan Olatte dengan berbagai rasa, di LOTTE Mart terdekat. 

4. Kwangdong

Ketika mendengar nama Korea Selatan, tumbuhan apa yang terbersit dalam benak Anda? Yup! Ginseng. Ginseng adalah akar dari tumbuhan Panax yang sejak dahulu kala sudah digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional. Meskipun tidak hanya tumbuh di semenanjung Korea saja, namun ginseng Korea adalah alternatif terbaik untuk konsumsi minuman ini. Pasalnya, dibandingkan dengan ginseng yang tumbuh liar di China maupun Amerika, harga ginseng Korea relatif lebih terjangkau. 

Ginseng tidak hanya dikonsumsi mentah, tetapi juga telah diramu sedemikian rupa untuk menjadi minuman. Salah satu minuman berbahan dasar ginseng yang beredar luas di Indonesia adalah Kwangdong. 

Kwangdong adalah minuman vitamin C 500 yang tidak hanya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga meningkatkan fokus dan memperlancar aliran darah. Maka dari itu tidak heran jika minuman yang satu ini banyak dikonsumsi oleh siswa siswi Korea Selatan ketika sedang belajar. 

5. Omija Tea


Minuman korea halal lainnya adalah omija tea. Teh ini disebut halal karena  terbuat dari buah magnolia yang telah dikeringkan dan direbus. Omija sendiri dalam Bahasa Korea memiliki arti 5 cita rasa, yaitu manis, asam, pahit, asin, dan kepedasan. 

Minuman yang satu ini tidak hanya bisa disajikan dalam kondisi hangat, tetapi juga lezat untuk dinikmati dengan es. Selain menikmatinya secara langsung setelah diseduh, Anda kini juga bisa menikmati berbagai produk omija tea dalam bentuk minuman kaleng. 

6. Teh Krisan



Tanaman lain yang sering digunakan sebagai bahan dasar teh oleh masyarakat Korea Selatan adalah bunga krisan. Bunga krisan dapat dijadikan teh dengan cara direndam dengan madu selama 1 bulan lalu diseduh untuk menjadi teh. Sama seperti teh omija, teh krisan juga cocok untuk dinikmati di kala musim dingin dan memiliki khasiat untuk meredakan flu.

KembaluiKini, Anda tidak perlu lagi membuat teh ini dengan cara merendamnya dengan madu selama 1 bulan terlebih dahulu. Teh bunga krisan kini dapat Anda nikmati dalam bentuk minuman kaleng atau botol. 

7. Sikhye


Nama minuman korea yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga para penggemar drama Korea. Sebab, Sikhye, banana milk, dan dua minuman alkohol asal negeri ginseng ini (Makgeolli dan Soju) sudah sering berseliweran di berbagai drama.

Sikhye sendiri merupakan minuman non-alkohol yang terbuat dari fermentasi beras, ragi, gula dan kacang pinus. Rasanya cukup manis dan cocok untuk dikonsumsi hangat atau dingin setelah makan malam. Minuman khas Korea Selatan yang satu ini juga jamak ditemukan di berbagai restoran makanan Korea di Indonesia maupun di supermarket dalam bentuk minuman kaleng atau botol. 

8. Sujeonggwa

Minuman penutup (dessert) asal Korea Selatan lain yang cukup populer adalah Sujeonggwa. Minuman yang terbuat dari campuran batang kayu manis, jahe dan gula ini menghasilkan rasa manis dan aroma yang khas. 

Tidak hanya enak, minum Sujeonggwa juga dapat membantu pencernaan tubuh dan tentunya menghangatkan badan jika dikonsumsi di kala hangat. Meskipun demikian, minuman yang satu ini juga tetap nikmat walau diminum dengan es atau dingin.Cara membuat minuman ini juga relatif mudah. Anda tinggal memasukkan batang kayu manis dan jahe ke air panas, tunggu hingga beberapa menit. Angkat jahe dan kayu manis tersebut, lalu tiriskan. Air sisa tirisan jahe dan kayu manis inilah yang akan menjadi Sujeonggwa. Tambahkan gula dan es (jika perlu) dan Sujeonggwa siap dihidangkan. 


Posting Komentar

0 Komentar