5 Makanan Ini Ternyata Bisa Bantu Mengatasi Cacar Kulit Loh!


 sukamakan010- Siapa yang semasa kecilnya pernah terkena cacar? Penyakit cacar atau varicella-zoster memang umumnya menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan cacar dapat menyerang orang dewasa yang belum pernah terkena virus ini sebelumnya.
Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya ruam merah berisi cairan yang sangat gatal. Infeksi cacar sering dianggap ringan, tetapi pada beberapa kasus, terutama pada orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, cacar bisa menyebabkan komplikasi serius. 

Meskipun telah ada vaksin untuk mencegah cacar, penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan di beberapa daerah. Jadi, selain vaksin, diperlukan makanan yang ampuh membasmi cacar. Makanan memiliki peran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, terutama ketika sedang melawan penyakit.DominoQQ
Saat mengidap cacar, penting untuk memerhatikan asupan makanan yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Pola makan yang sehat dan sesuai akan membantu penyakit ini sembuh lebih cepat. Penasaran makanan apa saja yang ampuh membasmi cacar? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan analgensik yang dapat membantu redakan gatal dan nyeri akibat cacar air. Tak hanya itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang penting saat cacar air. Untuk konsumsi jahe, kita bisa meminumnya sebagai teh jahe, menambahkan dalam makanan, atau jadi sup jahe.
Makanan untuk penderita cacar air selanjutnya adalah jahe. Jahe dikenal memiliki antioksidan tinggi sehingga sangat baik untuk penderita cacar air. Bakteri jahat akan mudah diberantas, dan melawan infeksi pada cacar air. Jahe juga dapat melawan radikal bebas yang mudah menyerang saat penderita mengalami cacar air.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang harus ada dalam setiap masakan, terutama Indonesia. Ternyata, bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan infeksi. Bawang putih juga mengandung allicin, senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi untuk redakan gatal.
Untuk konsumsi bawang putih, kita bisa memotongnya tipis-tipis dan memakannya secara langsung. Kalau tidak bisa, kita juga bisa mengolahnya menjadi minuman herbal yang dicampur dengan bahan lainnya.
Bawang putih dikenal dapat meredakan rasa panas yang sering dialami oleh penderita cacar. Rasa panas ini memang akan mengganggu dan membuat tidak nyaman sehingga perlu segera diredakan. Dengan konsumsi bawang putih, antioksidannya dapat membantu sistem kekebalan tubuh sehingga akan cacar air akan segera sembuh.

Alpukat

SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Alpukat menjadi salah satu buah favorit untuk dijadikan jus. Siapa sangka, ternyata alpukat baik untuk cacar air. Buah ini kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.
Alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meredakan peradangan. Vitamin C, B6 dan B2 terdapat dalam alpukat yang sangat baik untuk penderita cacar air.
Dengan konsumsi alpukat, buah ini dapat mempercepat penyembuhan dengan kandungan mineral di dalamnya. Manfaat alpukat secara rutin dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus buah agar lebih enak.

Kacang Hijau

Tahukah kamu? Ternyata kacang hijau adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Kacang hijau juga mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
Untuk konsumsi kacang hijau, kita bisa merebusnya, diolah jadi bubur, atau ditambahkan ke dalam salad. Dengan makan kacang hijau secara teratur, gejala cacar air bisa makin membaik dan sembuh cepat.
Penderita cacar air memerlukan vitamin dan protein yang tinggi dalam membentuk sel batu dan membuang sel lama yang rusak akibat cacar. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur, kondisi cacar air akan semakin membaik dan sembuh dengan lebih cepat.

Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang baik. Ia berperan menjaga daya tahan tubuh dan bantu menyembuhkan luka. Untuk mengonsumsi tomat, kita bisa memakannya langsung, dijadikan salad, atau diolah menjadi jus tomat.

Selain mengonsumsi makanan di atas, orang yang alami cacar air juga perlu konsumsi cairan untuk cegah dehidrasi. Cairan yang baik untuk dikonsumsi pasien cacar air adalah air putih, air kelapa, teh herbal, dan lainnya. Dengan konsumsi makanan yang tepat, proses penyembuhan cacar air pun bisa makin cepat. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar