Tidak Harus Selalu Dimakan Langsung, Intip 5 Khasiat Jus Nanas Bagi Kesehatan

 

sukamakan010- Buah nanas merupakan salah satu sumber vitamin yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, sedini mungkin para orangtua sering memberikan buah pada anak khususnya di usia 1 tahun ke atas sebagai pendamping makanan untuk ASI dan disesuaikan dengan pertumbuhan serta kebutuhan tiap anak. 

Seiring bertambahnya waktu, buah tidak hanya dikonsumsi melalui makanan saja tetapi juga dalam bentuk jus. Jus buah ini juga menjadi sumber vitamin yang mudah didapat pada sebagian orang yang mengalami kesulitan untuk mengunyah makanan dalam bentuk padat. Di antara sekian buah yang banyak digemari, nanas menjadi salah satu buah yang bagus dan sangat direkomendasikan untuk kesehatan.DominoQQ

Bentuknya yang mengingatkan dengan Rumah Spongebob membuat nanas sangat digemari. Citrasa dagingnya yang khas membuat banyak orang yang mengolahnya menjadi makanan maupun minuman, salah satunya adalah jus nanas. Jus nanas ini sangat berkhasiat untuk kesehatan dan dapat direkomendasikan karena kandungannya yang bermanfaat seperti bromelain hingga beta karoten. 

Mengapa konsumsi jus nanas sangat bagus untuk kesehatan serta apa saja khasiat buah nanas yang baik untuk kesehatan?

1) Meningkatkan imunitas tubuh

Sebuah penelitian pada tahun 2014 bertepatan di Filifina menemukan bahwa nanas memiliki efek samping yang baik untuk 98 anak usia sekolah. Anak-anak yang mengkonsumsi buah nanas setiap harinya menunjukkan pengurangan risiko terkena infeksi bakteri dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengkonsumsi buah. Selain itu, partisipan yang memiliki infeksi bakteri dan mengonsumsi buah nanas juga menunjukkan waktu penyembuhan yang hanya sebentar saja. 

2) Menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh

Buah nanas mengandung enzim bernama bromelain yang membantu tubuh untuk menghancurkan berbagai protein yang akan dicerna tubuh. Dalam bentuk kapsul, bromelain dapat mengurangi pembengkakan, memar, penyembuhan, dan rasa nyeri setelah operasi berdasarkan percobaan klinis pada tahun 2018. Namun, konsumsi buah maupun jus nanas tidak memberikan bromelain yang cukup dan harus diseimbangi dengan buah dan sayur yang kaya akan fiber. 

3) Membantu mengatasi kanker dalam tubuh

Sebuah studi tahun 2015 melakukan penelitian terhadap sel kanker dengan jus nanas. Mereka menemukan jus nanas dapat menekan pertumbuhan sel kanker ovarium dan usus besar. Namun, penelitian lanjutan pada manusia dibutuhkan sebelum para ilmuan dapat mengonfirmasi adanya hubungan antara jus nanas dengan pencegahan dan penanganan kanker itu sendiri. Selain itu, nanas juga memiliki kandungan beta karoten yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar. 

4) Menyehatkan kulit

Jus nanas mengandung vitamin C dan beta karoten yang dimana antioksidan ini dapat mengurangi kerutan pada kulit, meningkatkan tekstur kulit, dan mengurangi kerusakan kulit dan sinar matahari serta paparan polusi. Vitamin C pada nanas juga membentuk kolagen yang dapat memberikan kekuatan pada kulit. 

5) Bermanfaat untuk kesehatan mata

Sebuah penelitian tahun 2016 menemukan bahwa konsumsi makanan kaya akan vitamin C seperti minum dan makan buah nanas maupun jus nanas dapat mengurangi risiko gangguan katarak pada mata. Viitamin C ini akan membantu untuk mempertahankan cairan yang dapat mencegah kerusakan yang dapat mengakibatkan katarak. 

Ada perhatian khusus yang harus dicermati sebelum mengonsumsi jus nanas karena sebagian orang dapat mengalami rasa tidak nyaman pada bagian bibir, mulut, dan lidah setelah mengonsumsi jus nanas karena bromelain. Bahkan, konsumsi kandungan bromelain yang berlebihan dapat menyebabkan muntah, diare, hingga munculnya ruam kemerahan pada kulit. 


Posting Komentar

0 Komentar