7 Nama Makanan Yang Lucu Serta Mempunyai Arti Unik

sukamakan010- Berbagai fakta makanan selalu menarik disimak, termasuk arti nama makanan yang menggelitik. Sebut saja Ladyfingers hingga Pigs in a blanket. Kira-kira artinya apa ya?
Nama makanan biasanya hanya merujuk pada bahan atau cara bagaimana makanan itu dibuat. Namun tak sedikit makanan di dunia ini yang justru punya sebutan jauh dari keduanya.
Makanan tersebut populer di sebuah negara dan bahkan ada yang popularitasnya mendunia. Mulai dari Ladyfingers, Hot dogs, Monkey bread, hingga Pigs in blanket, semuanya memiliki kisah unik di balik penamaannya.
1. Dutch babies
Secara harfiah Dutch babies berarti bayi-bayi Belanda. Namun dalam dunia kuliner, Dutch babies merujuk pada sebutan pancake khas Jerman bernama pfannkuchen. Pancake ini terbuat dari adonan yang tipis, mirip seperti crepes. Ketika dipanggang, crepes akan menggelembung.
2. Ladyfingers
Pencinta tiramisu pasti tak asing dengan biskuit Ladyfingers. Bentuknya memanjang sehingga kerap disebut juga biskuit sendok karena fungsinya memang bisa untuk menyendok sesuatu.
Asalnya dari Prancis dengan nama biscuits à la cuiller, tapi kemudian biskuit ini punya sebutan Ladyfingers saat popularitasnya merebak di Inggris. Penamaan ini karena biskuit tersebut kerap dinikmati para wanita berkelas ketika high tea. Bentuknya juga dianggap mirip jari-jari perempuan yang cantik.
3. Hot dogs
Begitu populer di dunia, hot dogs juga termasuk makanan dengan nama unik yang punya kisah menarik. Tak ada unsur anjing (dog), tapi kok dinamai hot dogs? Pendapat pertama, lantaran hot dogs identik sebagai makanan kelas pekerja yang murah. Banyak orang tak tahu tepatnya dari apa daging hot dogs dibuat hingga mereka menyebut pakai daging anjing sehingga harganya bisa terjangkau.
Pendapat kedua, seorang tukang daging di Jerman di Amerika Serikat mendapati kemiripan antara sosis ramping dengan dachshund. Ia lantas menyebutnya "dachshund sausages" yang lama kelamaan jadi sebutan lebih pendek dan lucu berupa hot dogs.
4. Monkey bread
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Di Amerika Serikat ada kue khas bernama Monkey bread atau secara harfiah roti monyet. Roti ini terdiri dari kumpulan adonan yang bisa dimakan dalam satu suapan. Roti dibubuhi gula dan kayu manis lalu dipanggang dalam loyang Bundt pan.
Disebut Monkey bread konon karena cara menikmati roti ini yang interaktif dan menyenangkan. Pendapat lain karena ketika adonan satuan Monkey bread yang sudah dibalut kayu manis dipanggang hingga mengembang, mereka memiliki tekstur menyerupai bulu monyet yang tebal.
5. Pigs in blanket
Mirip hot dog karena sama-sama dibuat dari adonan pastry/roti dan sosis, inilah Pigs in blanket yang populer jadi sajian pesta di Amerika Serikat. Namun mengapa namanya Pigs in blanket alias babi dalam selimut ya?
Kata "pigs" merujuk pada hot dogs mini yang dibuat dari daging babi. Lalu pigs dibalut dengan "blankets" alias selimut berupa adonan biskuit atau puff pastry yang gurih enak.DominoQQ
6. Headcheese
Makanan ini berbentuk seperti keju lembaran, tapi nyatanya tidak mengandung keju atau bahkan produk susu sama sekali. Headcheese terbuat dari bagian kepala babi domestik yang diproses hingga menyerupai keju lembaran.
Bagian kepala babi itu dimasak perlahan sampai dagingnya lembut dan terlepas dari tengkoraknya. Saat proses masak itu, kolagen alami meleleh dan berubah jadi gelatin. Baru kemudian dituang ke cetakan dan ditunggu hingga padat, mengeras, dan bisa dipotong seperti keju.
7. Sweetbreads
Nama Sweetbreads mengesankan hidangan roti manis, tapi faktanya bukan sama sekali. Sweetbreads merupakan olahan kelenjar pankreas/timus anak sapi atau domba.

Penamaan sweetbreads konon pertama kali muncul pada abad ke-16 dalam catatan di Inggris. Saat itu, kata "bread" atau "brede" juga merujuk pada arti "daging panggang atau bakar". Tak seperti daging yang keras, pemakaian kelenjar pada sweetbreads ini membuatnya lebih lembut dan empuk sehingga disebut lebih "manis" sebagai pembeda dari daging panggang biasa.

Posting Komentar

0 Komentar