7 Makanan yang Mengandung Lemak Jahat & Sebaiknya Dihindari

sukamakan010
-  Makanan yang mengandung lemak jahat sering kita temui sehari-hari, bahkan dikonsumsi dalam jumlah berlebih tanpa disadari karena rasanya yang nikmat, misalnya seperti gorengan, junk food, dan lain sebagainya. Padahal, terlalu sering mengonsumsi lemak jahat dapat meningkatkan risiko penumpukan kolesterol yang menjadi faktor penyebab penyakit jantung.

Mari ketahui lebih lanjut mengenai beberapa daftar makanan yang mengandung lemak jahat melalui ulasan di bawah ini.
Apa itu Lemak Jahat?
Makanan berlemak sering kali dihindari karena dianggap sebagai penyebab utama obesitas. Padahal, lemak merupakan salah satu kandungan yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat lemak bagi tubuh di antaranya sebagai sumber energi (selain protein dan karbohidrat)
Lemak juga dapat membantu proses penyerapan vitamin yang larut di dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Hanya saja, manfaat ini bisa diperoleh jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, seperti kacang, ikan, dan minyak zaitun.
Sebaliknya, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat secara berlebihan  dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Lemak jahat terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak trans. DominoQQ
Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jahat
Makanan yang mengandung lemak jahat, baik lemak jenuh maupun lemak trans, berisiko tinggi menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Karenanya, konsumsi lemak jahat perlu dibatasi agar organ jantung dan pembuluh darah tetap sehat. Adapun beberapa daftar makanan yang mengandung lemak jahat adalah sebagai berikut.
1. Daging Berlemak
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Makanan yang mengandung lemak jahat namun banyak disukai orang adalah daging berlemak. Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa mengonsumsi daging akan lebih gurih bila dengan lemaknya. Namun, bagian lemak yang dianggap gurih tersebut justru berisiko menyebabkan kadar kolesterol tinggi karena mengandung lemak jahat.
2. Mentega
Makanan yang mengandung lemak jahat berikutnya adalah mentega. Lemak yang terkandung dalam mentega berasal dari krim kental yang merupakan salah satu bahan pembuatannya. Itulah sebabnya, kandungan lemak di dalam mentega tergolong tinggi. Pasalnya, terdapat lebih dari 7 gram lemak jahat dalam satu sendok makan atau sekitar 14 gram mentega.
3. Es Krim
Es krim adalah salah satu makanan yang paling digemari, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, tahukah Anda bahwa es krim merupakan makanan yang mengandung lemak jahat? Es krim termasuk dalam makanan padat energi yang di dalamnya terdapat gula, karbohidrat, serta lemak.
Bahkan, beberapa produk es krim menggunakan pengemulsi dan stabilisator. Di mana, pengemulsi sendiri merupakan bahan serupa kuning telur yang berguna untuk membuat es krim tetap halus. Sementara stabilisator digunakan agar produk dapat bertahan lama. Kandungan-kandungan itulah yang menyumbang lemak jahat dalam es krim.
4. Makanan yang Digoreng
Bukan rahasia umum lagi bahwa makanan yang digoreng mengandung banyak lemak, terutama lemak jahat, salah satunya kentang goreng. Pasalnya, makanan tersebut cenderung digoreng dalam minyak terhidrogenasi dan dikemas dengan lemak trans dalam kadar yang tinggi. Hal inilah yang dapat menurunkan kadar kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol jahat.
5. Kue Panggang
Selain makanan yang digoreng, jenis kue-kuean yang dipanggang, seperti pie dan cookies, juga menjadi salah satu makanan yang mengandung lemak jahat. Pasalnya, kandungan lemak dalam makanan ini berasal dari minyak sayur yang merupakan lemak trans.
6. Makanan Ringan
Makanan ringan adalah camilan yang sering dijumpai sehari-hari. Makanan ringan, khususnya yang berupa keripik, memiliki rasa gurih dan asin sehingga saat mengonsumsinya tentu tidak cukup jika hanya sedikit. Padahal, rasa asin dan gurih tersebut didapatkan dari tambahan garam yang mengandung lemak trans.
Meski tidak semua makanan ringan mengandung lemak jahat, namun akan lebih baik jika Anda membatasi konsumsi makanan ringan atau memperhatikan daftar bahan dalam kemasan sebelum membeli atau memakannya.
7. Mi Instan
Di balik popularitas dan kenikmatannya, tidak menutup fakta bahwa mi instan merupakan golongan makanan yang mengandung lemak jahat. Sebenarnya tidak masalah sesekali mengonsumsi makanan ini, namun sebaiknya Anda tidak makan mi instan secara berlebihan atau terlalu sering.
Sebagai informasi, mi instan termasuk dalam makanan ultra lemak yang mengandung lemak jenuh, garam, pengawet, dan karbohidrat. Yang mana, kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit serius lainnya bila dikonsumsi secara berlebihan.
Menurut Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, konsumsi lemak yang dianjurkan adalah 20–25% dari total energi (702 kkal) per orang per hari. Konsumsi lemak tersebut setara dengan lemak 5 sendok makan atau 67 gram per orang per hari.
Itu dia beberapa daftar makanan yang mengandung lemak jahat yang penting untuk diketahui. Meski rasanya lezat, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan. Cobalah mengonsumsi buah-buahan atau camilan sehat untuk menggantikan makanan-makanan yang berlemak jahat.

Posting Komentar

0 Komentar