Rekomendasi Kuliner Ramah Vegetarian Khas Indonesia

sukamakan010
- Kuliner Indonesia tak melulu tentang daging, karena terdapat pula berbagai macam pilihan menu vegetarian.
Indonesia merupakan salah satu negara terbaik untuk menikmati hidangan vegetarian.
Bahkan, dalam penelitian yang diikuti oleh 183 negara, Indonesia menduduki peringkat 16 dari 20 negara terbaik!

Maka tak heran jika kuliner vegetarian khas Indonesia juga menjadi daya tarik tersendiri. Berikut ini, rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia.

Gudeg
Jangan melewatkan kuliner vegetarian satu ini jika mengunjungi Yogyakarta. Terbuat dari nangka muda yang direbus dengan santan dan gula aren membuat cita rasa gudeg sangat memanjakan lidah. Ditambah dengan bumbu pelengkap berupa bawang merah, bawang putih, biji ketumbar, dan rempah lainnya menciptakan rasa yang otentik.
Selain dilengkapi dengan ayam dan juga telur, untuk para vegetarian bisa menggantinya dengan lauk tahu dan tempe bacem, atau sayur tempe krecek. Perpaduan nasi putih panas, gudeg, tahu, dan sayur tempe akan menghasilkan rasa pedas manis yang lezat di lidah.
Gado-gado
Inilah salad khas Indonesia yang dibuat dari berbagai macam sayuran rebus: kentang, kecambah, bayam, kacang panjang, kol, hingga kacang panjang yang kemudian disiram dengan saus kacang yang nikmat.
Sebagai pelengkap, gado-gado disajikan dengan potongan lontong agar terasa lebih mantap. Untuk rasa jangan ditanya, perpaduan sayur rebus dan lontong yang disiram saus kacang pedas manis akan menghasilkan rasa gurih nan lezat.
Agar terasa lebih nikmat, kita bisa menikmati gado-gado dengan kerupuk emping yang terbuat dari biji melinjo. Sehat, lezat, dan mengenyangkan. Tak heran jika gado-gado menjadi salah satu kuliner vegetarian khas Indonesia yang sangat populer.DominoQQ
Pecel
Sekilas antara gado-gado dan pecel akan terlihat sama, karena bahan utamanya adalah sayuran. Namun kedua makanan vegetarian ini jauh berbeda.
Banyak ditemukan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, pecel merupakan salah satu kuliner yang ramah bagi vegetarian. Pecel merupakan perpaduan kubis, kecambah, bayam, kangkung, timun, serta daun singkong yang direbus, dan disiram dengan saus kacang di atasnya.
Pecel akan terasa lebih lezat jika disantap dengan nasi putih hangat. Lalu, jangan lupa menambahkan peyek kacang, serta gorengan tempe atau bakwan sebagai pelengkap agar lebih nikmat.
Urap
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Merupakan salah satu menu vegetarian khas Indonesia yang terbuat dari berbagai macam sayuran. Seperti kacang panjang, bayam, wortel, daun pepaya, dan tauge. Berbeda dengan gado-gado dan pecel, urap menggunakan parutan kelapa sebagai “sausnya”.
Perpaduan parutan kelapa yang disangrai dengan bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, dan terasi memberikan rasa pedas gurih yang nikmat. Saat sayur dan kelapa tercampur di mulut, akan memberikan sensasi yang unik namun bikin nagih.
Sayur asem
Rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia selanjutnya adalah sayur asem. Jauh berbeda dengan makanan sebelumnya, sayur asem disajikan dengan kuah yang sangat segar.
Makanan khas Jawa Barat ini terdiri dari kacang panjang, kacang tanah, jagung manis, melinjo, hingga labu siam. Dimasak dengan campuran asam jawa, jangan heran jika sayur asem memiliki kuah yang menyegarkan.
Agar semakin nikmat, kita dapat menambahkan beberapa lauk pendamping sayur asem yang pastinya cocok untuk vegetarian. Seperti tahu goreng, tempe goreng, dan sambal yang akan membuat sayur asem semakin nikmat berkali lipat.
Lontong sayur
Tak ketinggalan, rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia selanjutnya adalah lontong sayur. Makanan ini terbuat dari nangka muda, labu siam, serta kacang panjang yang direbus dengan bumbu yang khas dari santan, cabai, dan berbagai rempah.
Biasanya, lontong sayur disajikan dengan ayam dan telur. Namun, sebagai vegetarian kita bisa menggantinya dengan tahu yang lembut atau potongan tempe yang lezat di dalamnya.
Perpaduan lontong, tahu, tempe, serta nangka muda menjadi salah satu makanan vegetarian yang lezat dan mengenyangkan. Oh iya, jika tidak ada lontong kita bisa menggantinya dengan ketupat.

Itulah rekomendasi kuliner vegetarian khas Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Selamat mencoba!

Manfaat mengkonsumsi makanan vegetarian :
Buang Air Besar Lebih Lancar
Sayur-mayur mengandung banyak fiber untuk mencernakan makanan didalam tubuh kita.
Memakan lebih banyak sayur berarti akan lebih banyak memakan serat yang akan membantu dorong dan lancarkan proses buang air besar. Di sisi lain, daging merah tidak mengandung serat cukup untuk tubuh kita, jadi pencernaan akan sangat lama di tubuh kita dan akan menambahkan berat badan. Mengonsumsi terlalu banyak daging merah bisa menghasilkan kadar kolestrol lebih tinggi
Menurunkan Resiko Penyakit Kronis
Seperti disebutkan diatas, terlalu sering mengonsumsi daging bisa menyebabkan kolestrol tinggi. 
Jika kolestrol tidak di kontrol, mereka bisa mengenai serangan jantung, kanker dan penyakit kronis lain yang tidak diinginkan. Ini karena daging mengandung asam lemak yang tinggi yang bisa meningkatkan kolestrol, sedangkan sayur-mayur banyak nutrisi yang bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat. Anda akan mendapat manajeme berat badan lebih baik. 
Menurunkan Berat Badan
Karena makanan vegan dan vegetarian mengandung banyak serat untuk melancarkan proses pencernaan, itupun akan membantu menurunkan berat badan. 
Beberapa penelitian juga menemukan bahwa peserta diet vegan berhasil menurunkan banyak berat badan, bahkan jika mereka juga makan sampai kenyang. Jadi, dengan menggantikan daging merah dengan makanan yang tinggi serat seperti diet vegan bisa membantu mengatur berat badan.
Membantu Meringankan Gejala Gangguan Mental
Selain membantu tubuh kita, makanan vegan bisa membantu menyegarkan pemikiran kita. 
Makanan seperti sayur-mayur mengandung banyak antioxidan, dimana zat tersebut ada relasi dengan kesehatan mental. Penelitian telah menunjuk bahwa orang yang depresi memiliki antioksidan yang sangat rendah, mengonsumsi antioksidan yang bisa ditemukan di sayur mayur bisa membantu fungsi dan fokus otak. 

Posting Komentar

0 Komentar