Es Kulkul, Cara Asyik Nikmati Buah dan Cokelat

 


sukamakan010- Bosan dengan buah potong biasa? Es kulkul buah bisa jadi solusi tepat untuk menikmati segarnya buah dengan manisnya cokelat. Baru-baru ini es kulkul kembali populer, terlebih rasanya enak, segar, serta pembuatannya relatif murah dan mudah. DominoQQ

Supaya kebutuhan gizi harian terpenuhi, kamu butuh makanan utama dan makanan selingan. Makanan selingan yang dipilih sebaiknya bukan sekadar megenyangkan tetapi juga punya nilai gizi yang baik untuk tubuh, seperti es kulkul dari bahan baku buah yang punya kandungan gizi baik untuk tubuh. 

Menilik Gizi Es Kulkul

Sudah jadi rahasia umum, bahwa buah memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Hal itu tidak terlepas dari kandungan gizi dalam buah. Buah mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Contoh, serat pada buah pisang uli sekitar 1,8 gram atau sekitar 7% dari kebutuhan serat harian. 

Selain itu, ada kandungan mineral yang penting, seperti kalium, kalsium, dan antioksidan, seperti vitamin C dan karoten dari buah. Sementara itu, dark chocolate juga mengandung antioksidan, seperti senyawa flavonoid. 


Antioksidan tersebut baik untuk menjaga imun tubuh, bahkan dalam Current Research in Food Science, disebutkan bahwa kandungan bioaktif dark chocolate punya efek perlindungan dari penyakit kardiovaskuler dan kanker jenis tertentu, serta memiliki efek antimikroba dan antiinflamasi. 

Resep Es Kulkul Buah

Siapkan beberapa bahan, yaitu buah, cokelat batang DCC, cokelat bubuk, gula halus, dan minyak goreng secukupnya, serta stik untuk buah. Kamu bisa menggunakan stik es krim atau tusuk biasa. Berikut cara membuat es kulkul agar cokelat menempel sempurna. 

Langkah pertama, potong dan tusuk buah, tata buah secara terpisah agar tidak menempel, kemudian bekukan ke dalam freezer. Kedua, iris cokelat batang agar mudah leleh dan lelehkan cokelat, campur dengan minyak goreng, cokelat bubuk, dan gula halus, aduk terus-menerus hingga rata. Tunggulah sampai cokelat dingin. 

Setelahnya, kamu bisa mencelupkan tusukan buah ke dalam cokelat hingga semua permukaan buah tertutup cokelat. Dengan begitu, cokelat akan langsung menempel dan es kulkul siap disajikan. 

Kamu bisa membuat variasi lapisan cokelat, misal dengan white chocolate, milk chocolate, chocolate strawberry, dan lain sebagainya. Selain lapisan cokelat, kamu bisa menambahkan es kulkul dengan taburan kacang atau meses. 

Kamu bisa coba es kulkul dengan dark chocolate tanpa gula jika ingin mengurangi asupan gula atau ingin manfaat sepenuhnya dari dark chocolate. Ini juga bisa dilakukan bila kamu sudah terbiasa dengan rasa dark chocolate yang pahit, terlebih dark chocolate yang mengandung 100% kakao. Sebenarnya cokelat hitam tanpa tanmbahan pemanis masih cocok untuk es kulkul, terlebih jika kamu menggunakan buah yang sudah manis, seperti mangga, pisang, atau semangka. 

Jika Sahabat Sehat bosan dengan selingan menu buah yang biasa saja, kamu bisa menikmati es kulkul buah untuk dinikmati di siang hari. Namun, perlu diketahui bahwa camilan ini mengandung gula tak sedikit, jadi makan secukupnya ya! 


Posting Komentar

0 Komentar