Kepiting Asam Manis ala Resto Seafood




sukamakan010
-  Makanan laut adalah sebutan untuk makanan berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya. Burung dan burung air yang terdapat di laut tidak termasuk ke dalam makanan laut.dominoQQ

Di beberapa negara, istilah "makanan laut" juga mencakup mamalia laut, ikan dan kerang yang ditangkap atau dikumpulkan nelayan dari air tawar (danau dan sungai).[butuh rujukan] Makanan laut merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan yodium).

Aneka makanan laut

Ikan

Moluska: cumi-cumi, kerang, tiram, gurita

Crustacea: udang (rebon, udang windu, udang putih, udang karang), kepiting

Echinodermata: teripang, bulu babi

Ubur-ubur

Rumput laut

daging anjing laut

Makanan laut sudah dikonsumsi manusia sejak zaman purba. Orang Mesir kuno memanfaatkan makanan laut sebagai sumber protein. Makanan laut diperoleh dengan cara memancing di Laut Mediterania dan Sungai Nil, serta memelihara ikan di kolam. Orang Yunani kuno juga memakan ikan dan kerang-kerangan dalam bentuk segar atau kering.

Ikan

Makanan laut tersedia dalam bentuk segar, kering, atau beku. Ikan segar atau ikan beku biasanya dijual setelah dibekukan di dalam lemari es atau didinginkan dengan es. Ciri-ciri ikan bermutu baik:

Warna tubuh ikan harus cerah, mengkilat, dan terlihat bagus

Ikan tidak berbau amis atau bau menyengat seperti amonia

Mata ikan harus terlihat cerah, jernih, dan menonjol keluar

Daging ikan tidak lunak dan lentur bila ditekan

Bagian insang atau bagian yang mengandung pembuluh darah harus terlihat merah tua atau merah jambu, dan bukan warna coklat atau abu-abu.

Kerang, kepiting, udang

Hewan laut yang memiliki cangkang harus utuh, tidak retak, atau pecah

Cangkang kerang atau tiram yang masih hidup akan menutup bila dipegang dengan tangan

Kaki-kaki dari kepiting dan udang karang yang hidup masih bisa bergerak.

Setelah dibeli di pasar atau ditangkap di laut, kesegaran makanan laut harus dipertahankan agar tidak rusak. Kesegaran makanan laut dijaga dengan memasukkannya ke dalam kemasan berisi es, kotak es, atau lemari es. Sebelum kualitasnya menurun, makanan laut harus segera dimasak atau dikonsumsi.

Pengolahan makanan laut:

Pematangan dengan cara direbus, digoreng, dibakar, ditumis, dikukus, atau dipepes menjadi berbagai masakan dan makanan olahan: kerang rebus, udang bakar, kepiting rebus, ikan goreng, ikan pepes, kerupuk, atau bakso.

Pengeringan dan penggaraman: udang kering, ikan asin, cumi asin

Perendaman dengan cuka atau minyak: carpaccio, ceviche, pekelharing

Fermentasi: kecap ikan, narezushi

Penyajian sewaktu masih segar (mentah) sebagai sashimi, sushi, atau campuran selada.

Restoran makanan laut di Indonesia

Restoran makanan laut, termasuk rumah makan dengan akuarium atau kolam ikan hidup, restoran makanan laut Tionghoa, rumah makan khas Makassar atau Manado.

Warung kaki lima hidangan laut yang menyajikan berbagai hidangan rebus, bakar, dan tumis.

Namun, harap diperhatikan bahwa ada beberapa jenis makanan laut tertentu yang jika sering dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh kita sehingga berisiko tinggi

Resep Kepiting Asam Manis ala Resto Seafood

Kepiting saus asam manis selalu jadi favorit. Kali ini bisa mencontek olahan kepiting gaya restoran. Kepiting hidup jadi rahasia kelezatannya.

Meskipun repot menyantapnya tetapi buat penggemarnya kepiting sangat mengasyikkan. Mencari gumpalan daging di antara cangkang bisa jadi sangat seru. Apalagi ada siraman saus asam manis.

Selain saus asam manis, kepiting biasa diolah dengan saus lada hitam atau saus Padang. Kali ini saus gaya China yang gampang diracik bisa bikin kepiting yang gurih makin enak dikunyah.

Kepiting Saus Asam ManisSetelah membeli kepiting hidup yang bertelur, kamu tinggal meracik sausnya. Ikuti langkah dan tips dalam resep berikut ini.


Bahan :

2 ekor @500 g kepiting hidup/segar

Saus:

2 sdm minyak sayur

2 siung bawang putih, cincang halus

20 g bawang bombay, cincang

1 cm jahe, cincang halus

400 ml air

3 sdm saus tomat

2 sdm saus cabe botolan

2 sdm serbuk jeruk konsetrat

1 sdt gula pasir

1 sdt garam

1 sdt tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :

Matikan kepiting lalu lepaskan ikatan talinya. Lepaskan batoknya dan potong menjadi dua serta potong kaki-kakinya. Cuci bersih dan tiriskan.

Panaskan minyak banyak dalam wajan. Goreng kepiting sebentar hingga berubah warna. Tiriskan.

Saus:

Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang putih, bawang bombay dan jahe hingga wangi.

Tuangi air, masukkan saus tomat, saus cabe, serbuk jeruk, garam dan gula. Masak hingga mendidih.

Tuangkan larutan kanji, aduk hingga mendidih dan kental.

Masukkan kepiting goreng, aduk sebentar hingga mendidih lalu angkat.

Tips:

1. Sebaiknya beli kepiting yang masih hidup, ditandai dengan mata yang masih bergerak. Hindari membeli kepiting yang sudah mati karena dagingnya lembek dan tidak enak rasanya.

2. Keseimbangan rasa manis asam bisa disesuaikan dengan selera. Jeruk konsnetrat bisa diganti dengan air jeruk nipis atau lemon.


Posting Komentar

0 Komentar