Resep Tumis Kangkung Terasi Sederhana Namun Lezat





sukamakan010-  tumis kangkung atau cah kangkung adalah hidangan sayur tumis yang lazim ditemukan dalam hidangan Asia. Kangkung (Ipomoea aquatica) digoreng tumis dengan campuran berbagai sayuran, bumbu, dan terkadang daging. Hidangan ini lazim ditemukan di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Asia Selatan; dari masakan Indonesia, Malaysia, Singapura, hingga masakan Filipina, dan Vietnam di Asia Tenggara; Sichuan dan Kanton di Cina, serta masakan Sri Lanka dan masakan Bengali di Asia Selatan. Akibatnya, ia dikenal dengan banyak nama.DominoQQ

Salah satu hidangan kangkung tumis yang secara khusus menggunakan terasi atau belacan disebut kangkung belacan. Di Jawa Barat, versi Masakan Tionghoa Indonesia menggunakan tauco.

kangkung adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran yang ditanam sebagai makanan. Anda dapat dengan mudah menemukan sayuran berwarna hijau ini di pasar tradisional maupun swalayan terdekat dari rumah. Kangkung umumnya dijual per ikat, dengan harga yang murah meriah mulai dari 2500 hingga 5000 rupiah saja.

Petiki daun kangkung dan akarnya yang masih muda untuk mendapatkan hidangan sayur kangkung yang lunak dan tidak keras saat dimakan. Anda dapat memasak sayur kangkung dengan diberi bumbu tumis sederhana seperti bawang merah, bawang putih, tomat, sedikit saus tiram, dan juga cabai rawit. Sangat mudah memasak sayuran berwarna hijau yang mirip dengan sayur bayam ini. Karena tak perlu bumbu yang banyak pun rasanya sudah enak dan lezat.

Tapi kalau ingin coba membuat resep tumis kangkung ala restoran, maka anda juga bisa menambahkan irisan petai, udang, bakso, sosis, cumi, teri, tauco, terasi, dan telur puyuh ke dalam tumis kangkung ini. Penambahan bahan-bahan tersebut tentu saja menambah citarasa dan tampilan yang berbeda pada tumis kangkung yang identik dengan sajian rumahan sehari-hari yang sederhana.

Selain di olah menjadi tumis kangkung, kangkung juga dapat dimasak menjadi sajian spesial lainnya seperti cah kangkung, plecing kangkung, pecel sayur, kangkung bumbu rujak, kangkung belacan, Mie Kangkung Belacan, kangkung sambal tempe, hot plate kangkung, kangkung petis, sayur asem kangkung, mie ayam kangkung, kangkung telur orak arik dan masih banyak masakan kangkung khas Nusantara lainnya.

Tumis kangkung lezat seperti di rumah makan dengan tekstur lembut sedikit renyah yang dapat menambah nafsu makan juga bisa diolah sendiri di rumah lho!


Resep Tumis Kangkung Sederhana

Bahan-bahan

Bahan Tumis Kangkung

Kangkung 3 ikat, siangi atau petiki daunnya, lalu cuci bersih

Cabai merah 2 buah, iris serong

Tomat merah 1 buah, potong-potong

Gula pasir 1/2 sendok teh

Garam 1 sendok teh

Air 50 mili liter

Minyak untuk menumis 3 sendok makan

Bumbu Iris

Bawang merah 5 siung (iris halus)

Bawang putih 2 siung (iris halus)

Bumbu Halus

Cabai merah keriting 4 buah

Cabai rawit 3 buah

Terasi bakar 1 sendok teh

Langkah-langkah

Cara Memasak Tumis Kangkung

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu iris hingga tercium aroma wangi sedap.

Masukkan bumbu halusnya, oseng sebentar. Lalu masukkan cabai merah, tomat, gula dan garam. Aduk hingga setengah layu.

Masukkan kangkung, gunakan api besar lalu aduk-aduk hingga layu.

Tuang air, aduk kembali hingga bumbu merata. Masak sebentar saja, lalu angkat.


Posting Komentar

0 Komentar