Olahan Gurita Khas Korea Yang Lezatnya Kebangetan

 

sukamakan010- Masakan Korea rasanya sudah familiar di Indonesia. Terbukti dari banyaknya restoran Korea yang ada di setiap kota di Indonesia. Biasanya kita hanya mengenal tteokbokki, bibimbap, ramyeon, dan korean bbq saja. Padahal, banyak banget loh masakan Korea yang tidak kalah enaknya dengan makanan-makanan di atas. Salah satunya adalah makana olahan gurita khas Korea. 

Gurita merupakan salah satu jenis seafood paling digemari masyarakat Korea Selatan. Dalam Bahasa Korea sendiri gurita biasa disebut dengan nakji (낙지). Tidak sulit untuk mendapatkan gurita di Korea Selatan. Gurita bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun swalayan. Ada banyak cara untuk mengolah gurita menjadi hidangan yang lezat. Di Korea Selatan pun banyak menu masakan yang berasal dari hewan bertentakel ini. Penasaran ingin tahu apa saja? Inilah 5 olahan gurita khas Korea Selatan yang lezatnya kebangetan!DominoQQ

1. Nakji Bokkeum (Gurita Goreng Pedas)

Olahan gurita khas Korea pertama dan paling populer adalah Nakji Bokkeum (낙지볶음). Nakji Bokkeum atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan gurita goreng pedas adalah masakan gurita khas Korea Selatan bercita rasa sangat pedas. Masyarakat Korea Selatan biasanya menikmati Nakji Bokkeum selagi hangat dan disantap bersama dengan jogaetang atau sup kerang. Hal ini untuk menyiasati cita rasa Nakji Bokkeum yang begitu pedas dan menggoyang lidah. Selain dinikmati dengan jogaetang, Nakji Bokkeum juga bisa juga dijadikan sebagai topping mie maupun disantap bersama nasi dan kimchi. Tinggal disesuaikan saja dengan selera lidah kita.

2. Jjukkumi (Baby Octopus Bakar Pedas)

Olahan gurita khas Korea yang kedua adalah Jjukumi (쭈꾸미). Jjukkumi merupakan hidangan dari gurita kecil atau baby octopus yang identik dengan makanan musim semi. Hal ini dikarenakan saat musim semi tiba gurita akan berkembang biak dan menghasilkan telur yang banyak. Kepalanya akan terasa sangat gurih dan lezat untuk disantap. Jjukkumi sendiri memiliki dua jenis hidangan yaitu Jjukkumi Shabu-Shabu dan Jjukkumi Samgyeopsal Bokkeum. Jjukkumi Shabu-Shabu adalah Jjukkumi yang dihidangan berkuah dengan sayuran dan kaldu di dalamnya agar terasa gurih dan tidak begitu pedas. Sedangkan, Jjukkumi Samgyeopsal Bokkeum adalah campuran gurita dengan perut babi panggang dan sayuran serta kue beras yang dibumbui saus cabai pedas.

3. Muneo Jorim (Tumis Gurita Pedas Manis)

Kelezatan gurita khas Korea Selatan tak berhenti sampai disini. Olahan gurita khas Korea yang lezatnya kebangetan selanjutnya ada ada Muneo Jorim (문어조림) atau tumis gurita dengan saus pedas manis. Semakin lezat, karena gurita ini akan dipotong kecil-kecil sebelum diolah. Bumbu utamanya adalah wijen dan kecap asin khas Korea. Sementara, rasa pedasnya ini berasal dari bubuk cabai atau gochugaru. Di Korea Selatan, biasanya Muneo Jorim cocok dijadikan sebagai lauk untuk bekal, karena cara masaknya simpel dan praktis.

4. Nakji Jeongol ( Sup Gurita)

Pecinta drama Korea pastinya sudah sering melihat adegan saat menjamu tamu atau makan bersama, terdapat sup yang disajikan dalam panci besar lengkap dengan sayuran dan kuah yang lezat. Makanan tersebut tidak lain adalah Nakji Jeongol (낙지전골) yaitu sup gurita yang menjadi kebanggaan orang Korea Selatan. Biasanya gurita yang digunakan untuk membuat Nakji Jeongol adalah gurita kecil atau baby octopus. Cita rasanya sendiri cenderung pedas karena menggunakan bubuk cabai gochujang.

5. Sannakji

Tertarik atau suka menyantap makanan ekstrim? Kalau begitu, Sannakji ini wajib masuk list makanan ekstrim kamu. Sannakji (산낙지) adalah hidangn gurita yang populer di Korea Selatan. Dijuluki sebagai makanan ekstrim, karena Sannakji ini dimakan dalam keadaan gurita masih hidup. Gurita akan dipotong kecil-kecil atau disajikan utuh jika ukurannya tidak terlalu besar. Sannakji biasanya dibumbui dengan wijen, serutan daun bawang dan saus khas Korea. Karena gurita ini disajikan selagi hidup, maka tentakelnya masih aktif bergerak saat disajikan di atas piring. Berani mencobanya?

Itulah beberapa hidangan gurita khas Korea Selatan yang unik dan lezatnya kebangetan. Sebagai tambahan info, menyantap gurita punya sederetan manfaat yang bisa membuat kamu makin menyukainya. Diantaranya adalah gurita ternyata rendah kalori dan rendah lemak yang bagus untuk menurunkan berat badan, gurita juga kaya zat besi untuk melancarkan peredaran darah, serta sumber vitamin dan mineral yang lengkap. 


Posting Komentar

0 Komentar