Yuk Cobain Jajanan Yang Lezat Piscok


 sukamakan010- Pisang cokelat atau kerap disingkat piscok,  adalah kudapan manis dari Indonesia yang terbuat dari irisan pisang dengan cokelat cair atau susu kental manis cokelat, yang dibungkus dalam kulit tepung tipis mirip crepe, atau lazim menggunakan kulit lumpia yang kemudian, digoreng dalam rendaman minyak goreng. Pisang cokelat sering didefinisikan secara singkat sebagai "lumpia pisang cokelat". Makanan ini sering dianggap sebagai perpaduan antara pisang goreng dan lumpia.DominoQQ

Jenis pisang yang digunakan biasanya sama dengan pisang yang biasa digunakan untuk pisang goreng; yaitu pisang uli, pisang kepok atau pisang raja sereh. Sedangkan kulit yang digunakan biasanya kulit lumpia siap pakai yang dijual di pasar. Di Indonesia, pisang cokelat dianggap sebagai salah satu variasi pisang goreng, dan digolongkan ke dalam kategori gorengan. Oleh pedagang gorengan kaki lima, pisang cokelat, bisa juga dijual bersama dengan tempe goreng, tahu goreng, dan pisang goreng. Makanan ini populer sebagai kudapan atau makanan kecil, disajikan oleh pedagang gorengan kakilima, sampai di kafe atau restoran sebagai teman minum kopi atau teh

Pisang cokelat hampir identik dengan jajanan Filipina bernama turon, yaitu lumpia pisang. Perbedaan dengan piscok adalah turon biasanya tidak mengandung cokelat.

Cara membuat Piscok:

Bahan-bahan

2 sisir pisang Uli /Bisa apa saja yg penting pisang hrs matang

2 gulung kulit Lumpia

2 bungkus meses coklat/ Chocolatos coklat

50 grm gula pasir

4 sdm margarin

Bahan perekat / Lem :

2 sdm tepung terigu

50 ml air suhu ruang


Cara Membuat

Langkah 1

Siapkan bahan dulu,Lalu kupas pisang dan belah menjadi 2 bagian memanjang lalu panaskan wajan / Teflon tambahkan margarin lalu tumis pisang hingga berubah warna.

Langkah 2

Seperti ini hasilnya setelah ditumis pisang nya.Bisa juga langsung di goreng dengan minyak banyak, Hasilnya akan sedikit berminyak tapi sama saja rasanya (Silahkan saja ikutin cara yg bunda suka ya...)

Langkah 3

Siapkan terigu + 50 ml air aduk rata buat perekat pinggir dari kulit lumpia nya.

Langkah 4

Ambil 1 lembar kulit lumpia isi dengan 1 potong pisang yg sudah ditumis tadi, Tambahkan 1 sdm meses dan 1/2 sdt gula pasir (bisa juga ditambah 1 sdt chocolatos) lem pinggirnya dengan bahan perekat tadi lalu lipat dan gulung seperti pada gambar saya. Oh ya penambahan gula pasir disini supaya pas di goreng gulanya akan menjadi karamel, dan itu yang membuat piscok ini jadi Enak.

Langkah 5

Lakukan hingga semua tergulung dengan rapi.Lalu goreng dengan minyak banyak dan api sedang saja biar tidak cepat hangus.

Langkah 6

Tiriskan dengan di alas kertas Bungkus / Tissue dapur untuk menyerap minyak nya. Lalu sajikan......Manis, Kriuk meleleh coklatnya. Oh ya meses bisa di ganti Dcc lebih Enak lagi kalau buat di makan sendiri. Berhubung buat jualan jadi saya pake meses saja biar lebih irit.


Posting Komentar

0 Komentar