7 Jenis Sayur yang Dapat Dijadikan sebagai Lalapan Masakan Sunda


sukamakan010
-  Lalapan menjadi salah satu makanan yang wajib hukumnya bagi beberapa orang untuk dikonsumsi sebagai pendamping masakan khas Sunda. Di daerah Jawa Barat, rasanya tidak lengkap jika makan nasi panas dan lauk, tanpa disajikan dengan lalapan. Lalapan bisa berbentuk jenis-jenis sayuran yang cukup beragam dan dapat ditambahkan dengan sambal untuk rasa yang lebih nikmat.

Sebagai bagian dari tradisi dan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi, konsumsi lalapan juga dapat menjadi menu makanan sehat penyeimbang nutrisi bagi tubuh. Bahkan, sayuran mentah diketahui lebih sehat dibandingkan sayuran yang dimasak. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba untuk menyediakan lalapan sebagai pelengkap untuk masakan lainnya, terutama masakan khas Sunda.DominoQQ

ingin mencoba untuk memilih jenis-jenis sayuran yang pas untuk dijadikan sebagai lalapan? Berikut ini beberapa pilihannya: 

1. Timun

Rasanya yang menyegarkan membuat timun dipilih menjadi teman untuk makan masakan dengan rasa-rasa yang beraneka ragam. Mulai dari rasa asin, gurih, dan pedas akan dinetralisir dengan rasa yang segar dari potongan timun. Kandungan vitamin, dan mineral di dalam timun pastinya sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Terlebih lagi, kandungan air yang ada di dalam timun dapat mencegah dehdrasi dan menjaga cairan tubuh 

2. Selada

Selada juga dapat dimanfaatkan sebagai hidangan lalapan selanjutnya. Dilansir dari liputan6.com, selada memiliki sejumlah fungsi untuk kesehatan karena kandungan antioksidan, kalium, magnesium, vitamin, dan mineral di dalamnya. Sayuran ini menyajikan rasa yang segar dan berserat. Kandungan yang ada pada selada bisa menyehatkan mata, aman untuk para penderita diabetes, dan dapat membantu untuk mencegah anemia. 

3. Terung

Tidak semua orang akan menyukai sayuran ini karena terung memiliki rasa yang cukup unik. Dapat dijadikan sebagai lalapan, terung dapat dikombinasikan dengan segala masakan agar rasanya lebih nendang. Sayuran ini juga menyimpan begitu banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Dengan makan terong, maka sistem pencernaan di dalam tubuh bisa terjaga dengan baik dan bisa menyehatkan jantung. 

4. Daun Pohpohan

Daun pohpohan biasa dikonsumsi secara mentah karena rasanya akan terasa lebih segar. Teksturnya akan terasa lunak dan cocok untuk dimakan bersama sambal. Pada daun ini, akan terdapat kandungan gizi dan serat yang tinggi. Tak hanya itu, daun ini bisa dijadikan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

5. Daun Kemangi

Jenis dedaunan lainnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai lalapan yaitu daun kemangi. Daun ini bisa diolah menjadi pilihanDominoQQ masakan lainnya dan dapat dijadikan sebagai tanaman herbal. Daun kemangi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga dapat mencegah segala penyakit dan mencegah peradangan. 

6. Kol

Opsi selanjutnya, kamu bisa memilih sayuran rendah kalori yang mengandung antioksidan, seperti sayur kol. Teksturnya yang renyah membuat sayuran ini dapat diolah menjadi apa saja. Bahkan, sayur kol juga akan terasa lebih nikmat apabila disajikan dengan cara digoreng. 

7. Kecipir

Selain sayuran-sayuran di atas, kamu juga bisa mencoba kecipir. Kecipir dapat menjadi sumber kalsium, protein, dan lemak yang dapat memperkuat tubuh. Ditambah lagi dengan vitamin yang terkandung di dalamnya bisa membantu untuk meredakan berbagai penyakit  dan melawan infeksi pada tubuh. 

Nah, itu dia beberapa sayuran yang bisa Sahabat Fimela jadikan sebagai lalapan untuk makanan khas Sunda. Mungkin kamu sudah mengenal jenis-jenis sayuran tersebut, bukan? Apalagi, beberapa sayuran ini juga dapat dengan mudah ditemukan. Semoga pilihan sayuran ini bermanfaat ya!



Posting Komentar

0 Komentar