Resep dan Cara Membuat Tape Ketan yang Manis


sukamakan010
-  Tapai atau tape adalah kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi, Di Indonesia dan negara-negara tetangganya, substrat ini biasanya beras ketan dan umbi singkong. Ragi untuk fermentasi tapai merupakan campuran beberapa mikroorganisme, terutama fungi (kapang dan jamur), seperti Saccharomyces cerevisiae, Rhizopus oryzae, Endomycopsis burtonii, Mucor sp., Candida utilis, Saccharomycopsis fibuligera, dan Pediococcus sp.
tetapi tidak tertutup kemungkinan jenis lain juga terlibat. Tapai hasil fermentasi dengan ragi yang didominasi S. cerevisiae umumnya berbentuk lunak, berasa manis keasaman, mengandung alkohol, dan memiliki tekstur lengket.
Produksi tapai biasanya dilakukan oleh industri mikro, kecil, dan menengah
Sebagian besar tapai dibuat dari fermentasi beras ketan (Oryza sativa) atau singkong (Manihot esculenta). Masyarakat Sunda lebih mengenal tapai singkong dengan sebutan peuyeum, sedangkan masyarakat Jawa Timur lebih sering menyebutnya tape puhung untuk tapai dari singkong dan tape ketan untuk tapai dari ketan.
Orang Banyumas menyebutnya tapè budin atau kenyas. Tapai ketan dikenal di kawasan Asia, terutama Asia Tenggara, dengan nama lokal yang berbeda–beda: tapai pulut (Malaysia), basi binubran (Filipina), chao (Kamboja), lao-chao
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Tapai singkong, yakni tape yang terbuat dari bahan dasar singkong. Jenis tapai ini biasanya dibuat untuk dijual, kebanyakan berupa industri rumah tangga. Tapai singkong yang populer berasal dari daerah Bandung (banyak dijajakan di Jalan Raya Padalarang di wilayah Cipatat), dan jika di Jawa Timur, dari daerah Bondowoso dan Jember, jika di Jawa Tengah, dari daerah Blora.
Tapai ketan atau tapai pulut, yakni yang terbuat dari beras ketan (beras pulut), baik dari ketan putih maupun ketan hitam. Di banyak daerah di Jawa, tapai ini biasa dibuat sendiri di rumah-rumah, terutama sebagai persediaan penganan di saat Lebaran. Namun, tapai ini pun acap dijajakan oleh pedagang keliling di Jawa Barat (tapai ketan hitam, dalam kombinasi dengan uli sebagai tape uli); atau dalam kemasan kecil-kecil, tapai ketan putih terbungkus daun (jambu air atau waru) di pasar lokal di Kuningan dan Pangandaran. Tapai ketan dari Kuningan bahkan telah dikemas secara modern dengan kardus.
Tapai Pisang, yakni tape yang terbuat dari bahan buah pisang. tidak semua jenis pisang dapat digunakan sebagai bahan dasar tape. Syarat pisang yang digunakan harus mempunyai kadar pati yang sangat tinggi. Saat ini pisang kepok dipilih sebagai bahan dasar tape, dikarenakan kandungan pati yang terkandung lebih besar dibandingkan dengan jenis pisang plantain lainnya.DominoQQ
Berikut tips mbuat tape ketan yang manis dan enak. Berikut cara yang dapat dicoba.
Bahan:
1 kg ketan putih
¼ kg ketan hitam
5 biji ragi tape
Daun pisang
Merendam Ketan
Bersihkan terlebih dahulu ketan hitam dan ketan putih seperti membersihkan beras. Usahakan untuk membersihkan hingga air benar-benar bening. Kemudian, Rampur antara ketan hitam dan ketan putih. Rendam dengan air selama semalam.
Menanak Ketan
Jika sudah melewati waktu merendam selama semalaman. Bersihkan kembali ketan dengan air mengalir. Kemudian kukus hingga matang. Jika sudah matang, pindahkan ke dalam wadah, bilas kembali dengan air bersih. Kukus kembali hingga benar-benar matang dan tidak pero.
Proses Peragian
Saat ketan sudah matang, pindahkan ke dalam wadah yang lebih lebar, ini memudahkan untuk membantu ketan cepat dingin sebelum proses peragian. Bantu menggunakan kipas angina untuk cepat dingin. Jika ketan sudah dingin, haluskan ragi hingga menjadi serbuk. Taburkan ragi ke seluruh bagian ketan, hingga rata. Taburi ragi, jangan tambahkan gula supaya tape tidak masam.
Pembungkusan
Bungkus ketan dengan menggunakan daun pisang atau dapat juga menyimpannya di dalam wadah yang tertutup rapat. Simpan ketan di tempat yang tidak terlalu terkena sinar matahari. Biarkan hingga 2 hari 2 malam. Dan tape siap di nikmati.

Nah itu tadi cara membuat tape ketan yang manis dan anti gagal. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


Posting Komentar

0 Komentar