Resep Opor Ayam Yang Gurih dan Lezat

 



sukamakan010- Opor ayam Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi ponti, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng kentang.DominoQQ

Opor ayam adalah makanan sudah ada sejak dulu bahkan dipastikan sejak zaman kerajaan dulu. Opor ayam biasa disajikan oleh masyarakat biasa yang pada waktu dulu tidak bisa makan daging. Karena daging dulu biasanya disuguhkan oleh keluarga kerajaan. Karena ingin menikmati hidangan serupa terciptalah opor ayam.

Hingga saat ini opor menjadi hidangan sederhana yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat. Karena rasanya yang tidak terlalu berat dan pembuatannya yang tergolong mudah menjadikan opor cocok sebagai hidangan sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Opor ayam merupakan lauk wajib ketupat lebaran khas Jawa yang populer. Berikut ini cara membuat opor ayam berikut tips dan resepnya.

Hampir setiap rumahtangga di Indonesia membuat opor ayam dengan resep andalan keluarga. Meskipun tak sulit dibuat tetapi tetap saja ada yang belum sukses membuatnya.

Bumbunya kurang sedap, kuahnya kurang gurih atau ayamnya lonyot atau justru keras saat dimakan. Opor ayam Jawa biasanya diberi bumbu kunyit dan diberi tambahan belimbing sayur sebagai penyegar.

1. Ayam

Jenis ayam yang enak diolah jadi opor adalah ayam kampung. Tetapi tekstur dagingnya sedikit liat dan proses memasaknya lama serta harganya relatif mahal.

Sebagai pengganti bisa dipakai ayam negeri, ayam jantan atau potongan bagian ayam sesuai selera. Seperti sayap, paha atau dada ayam. Jika suka bisa dicampur dengan jeroan ayam.

Sebaiknya pilih ayam yang segar dan potong ayam menjadi 8 bagian atau lebih agar lebih cepat lunak dan mudah dimakan. Jika ingin praktis bisa dipakai ayam tanpa tulang seperti fillet paha ayam bagian atas.

2. Bumbu

Bumbu opora ayam khas Jawa memakai rempah segar seperti bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe. Juga rempah daun seperti daun jeruk, daun salam dan serai. Gunakan kunyit yang tua agar warna kuah opor kuning cantik.

Untuk rempah kering dipakai merica, ketumbar dan adas manis. Sangrai lebih dulu sebelum digerus halus. Atau gunakan rempah bubuk siap pakai.

Saat menumis bumbu, jika bumbu dihaluskan dengan chopper atau blender dengan tambahan sedikit air, panaskan bumbu dalam wajan hingga kering. Kemudian tambahkan minyak dan tumis hingga matang.

3. Santan

Agar lebih praktis banyak orang memilih memakai santan kemasan yang instan. Gunakan santan ini dengan menambahkan air sesuai dengan tingkat kekentalan yang diinginkan.

Lebih enak rasanya jika memakai santan segar. Pisahkan santan encer dan segar. Kamu bisa membeli dalam bentuk kelapa parut di pasar. Peras dengan jumlah air sesuai kekentalan yang diinginkan.

Masak ayam dengan santan encer dan bumbunya setelah lunak, tambahkan santan kental dan masak hingga agak kental.

4. Resep Opor Ayam

Berikut ini resep Opor Ayam bebrumbu kuning, jika ingin membuat opor ayam putih, tak perlu memakai kunyit.

Bahan :

1 ekor ayam kampung

3 sdm minyak sayur

2 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk purut

1 batang serai, memarkan

2 cm lengkuas, memarkan

1 liter santan segar

500 ml santan kental segar

5 buah belimbing sayur, belah dua

Bumbu, haluskan:

3 butir bawang merah

5 siung bawang putih

2 cm kunyit

2 cm kencur

1 cm jahe

1/2 sdt jintan

1 sdt ketumbar

1 sdt merica

1 sdt gula pasir

1 sdm garam

Cara Membuat :

Potong-potong ayam menjadi 8 bagian. Cuci bersih dan tiriskan.

Masak 1 liter santan dalam panci hingga mendidih.

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Angkat. Tuangkan ke dalam panci berisi santan.

Tambahkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai dan potongan ayam. Kecilkan api dan masak hingga ayam hampir lunak.

Tuangi santan kental dan masukkan belimbing sayur.

Masak hingga daging ayam empuk dan kuah susut.

Angkat dan sajikan hangat.



Posting Komentar

0 Komentar