Resep Kuah Miso untuk Kamu yang Sedang Sakit karena Cuaca Dingin


sukamakan010
- Miso adalah bahan makanan asal Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, atau campuran keduanya dengan garam. Kapang yang digunakan untuk fermentasi adalah Aspergillus oryzae.Miso digunakan sebagai bumbu masak untuk berbagai jenis makanan Jepang.
Warna miso bisa krem kekuningan, coklat muda, coklat tua hingga kehitaman, dengan tekstur seperti selai kacang. Rasa miso biasanya asin, tetapi rasa, aroma, dan warna miso bergantung bahan baku, resep, dan lama fermentasi. Bergantung pada wilayahnya di Jepang, bahan baku miso bisa berupa beras, gandum, jelai, gandum hitam, haver, dan serealia yang lain.
Fermentasi kedelai dengan ragi kōjikin mengurai protein kedelai, sekaligus menghasilkan sejumlah besar asam amino. Rasa lezat asam amino tersebut dikenal sebagai "umami" yang merupakan rasa ke-5 dari 4 rasa utama: manis, asam, asin, dan pahit. Miso dijual dalam kemasan kantong plastik atau mangkuk plastik, serta bisa dibeli secara kiloan. Miso antara lain merupakan sumber protein, vitamin B-12, vitamin B-2, vitamin E, dan isoflavon.
Bumbu masak berbagai masakan Jepang
Saus untuk berbagai masakan dan bahan olesan setelah diencerkan dengan sake atau mirin ditambah gula pasir
Bahan utama untuk sup miso (misoshiru), berbagai macam sup, dan masakan nabemono
Bahan perendam sewaktu membuat misozuke (acar sayur-sayuran dan ikan).
Asal usul miso adalah makanan bernama chiang atau jang (醤) yang sudah dikenal di Dinasti Zhou, Tiongkok sejak tahun 700 SM. Pada waktu itu sudah ada pegawai bagian dapur istana yang bertugas khusus membuat chiang. Dalam kitab Zhouli tentang protokol istana asal abad ke-2 SM ditulis tentang kaisar yang berlutut di depan sebuah piring berisi chiang.
Akhir-akhir ini cuaca sedang dingin-dinginnya, bukan? Cuaca dingin sering kali membuat tubuh rentan terhadap pilek dan sakit tenggorokan. Salah satu cara terbaik untuk menghangatkan tubuh dan mempercepat pemulihan adalah dengan semangkuk kuah miso hangat. Kuah miso, yang berasal dari Jepang, terkenal akan rasa gurihnya yang lezat serta kaya akan nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut resep kuah miso yang mudah DominoQQ dibuat dan pas dinikmati saat sedang kurang enak badan.
Bahan Kuah Miso
3 sendok makan pasta miso (miso paste putih atau merah sesuai selera)
1 liter air
1 sendok teh kaldu dashi (opsional, bisa diganti dengan kaldu ayam atau sayuran)
1 blok tahu sutra, potong dadu kecil
1 lembar rumput laut kering (wakame), rendam dalam air hingga mengembang
1 batang daun bawang, iris tipis
100 gram jamur shiitake atau enoki (sesuaikan dengan selera)
1 sendok teh jahe parut (untuk menambah sensasi hangat dan mempercepat pemulihan)
Cara Membuat Kuah Miso

Rebus air dalam panci hingga mendidih. 
Tambahkan kaldu dashi jika menggunakan, aduk hingga larut sempurna. Jika tidak menggunakan dashi, kamu bisa menambahkan sedikit garam atau kaldu bubuk sebagai pengganti.
Masukkan jamur dan biarkan hingga sedikit layu. 
Tambahkan tahu yang sudah dipotong dadu dan rumput laut wakame yang sudah direndam sebelumnya.
Tambahkan jahe parut ke dalam kuah. Jahe ini memberikan sensasi hangat yang bisa membantu melegakan tenggorokan dan meredakan gejala flu.
Ambil sedikit air kaldu panas dengan sendok, lalu larutkan pasta miso dalam mangkuk terpisah sebelum dimasukkan ke dalam panci. Hal ini dilakukan untuk menghindari miso menggumpal.
Setelah miso larut, tuangkan kembali ke dalam panci. Aduk perlahan, jangan sampai mendidih karena miso sebaiknya tidak dimasak terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga. 
Sajikan dengan taburan daun bawang di atasnya.
Selamat mencoba dan semoga suka.

Posting Komentar

0 Komentar