Makanan Jepang yang Terkenal untuk Disantap Saat Musim Dingin


 sukamakan010- Musim dingin di Jepang biasanya identik dengan illumination atau permainan cahaya yang indah dan festival salju. Tapi, sebetulnya, ada hal-hal lain yang wajib kamu nikmati di Negara Sakura ini saat musim salju, lho. Misalnya, mencicipi makanan Jepang yang terkenal sebagai hidangan musim dingin!
Ketika musim dingin tiba, udara di Jepang biasanya akan berubah menjadi dingin dan kering. Untuk menghadapi cuaca ini, orang Jepang biasanya akan makan makanan yang hangat dan berkuah, sembari duduk di meja hangat atau kotatsu. Dengan begini, tubuh mereka akan terasa hangat dan nyaman.
Nah, kalau kamu berencana untuk wisata ke Jepang di musim dingin, tentu kamu tidak boleh melewatkan kesempatan wisata kuliner musim dinginnya! Apa saja makanan yang wajib kamu coba? Yuk, baca selengkapnya dalam artikel ini
1. Oden
Oden adalah salah satu makanan Jepang yang terkenal di musim dingin. Hidangan ini terbuat dari berbagai macam bahan, seperti tahu, fish cake, konbu, telur rebus, bola cumi, hingga shirataki, dan disajikan dengan kuah kaldu yang sudah dicampur soy sauce.
Rasanya yang lezat dan kuahnya yang hangat membuat oden jadi favorit banyak orang, tak hanya masyarakat Jepang, tapi juga wisatawan mancanegara. Ketika kamu di Jepang saat musim dingin, kamu mungkin akan sering melihat orang-orang mengantri atau membeli oden di depan yatai atau stand makanan. Tapi, kamu juga bisa membeli oden di minimarket dan restoran.
2. Nabemono
Nabe, atau nabemono, adalah sebutan untuk segala jenis makanan yang dimasak menggunakan donabe atau clay pot Jepang. Kebanyakan versi nabe, seperti sukiyaki, oden, dan yudofu, menggunakan sayuran yang biasanya tumbuh saat musim dingin, seperti jamur, kubis, dan labu.
Selain sayur, nabemono juga banyak menggunakan daging sapi, daging babi, atau fish cake. Bumbu-bumbu yang digunakan biasanya merupakan bumbu-bumbu khas Jepang, seperti dashi, soy sauce, mirin, dan sake.
Alasan mengapa nabemono adalah makanan Jepang yang terkenal di musim dingin adalah karena hidangan ini biasanya disantap bersama. Nabemono biasanya dimasak ditengah-tengah meja, lalu kamu dapat membaginya dalam mangkuk-mangkuk kecil unutk disantap bersama keluarga atau orang terdekat.
3. Hot Pot
Hot Pot bisa dibilang merupakan makanan Jepang yang paling populer saat musim dingin. Biasanya, hot pot disantap dengan beragam sayur mayur dan daging yang dimasak dan disajikan bersama dalam sebuah mangkuk yang besar.
Setiap daerah di Jepang memiliki jenis hot pot mereka masing-masing. Misalnya, hot pot di daerah Akita umumnya menggunakan bahan khas lokal bernama Kiritanpo, sementara hot pot di Hokkaido biasanya mengandung salmon segar yang dimasak dengan saus berbahan dasar miso.
Kamu bisa membeli hot pot di restoran-restoran di Jepang, seperti bar Izakaya, atau membuat hot pot sendiri. Minimarket di Jepang biasanya menyediakan bahan dasar untuk sup hot pot, seperti kimchi, soy sauce, garam, miso, dan hingga tonkotsu.
4. Sukiyaki
SahabatQQ: Agen DominoQQ Agen Domino99 dan Poker Online Aman dan Terpercaya

Makanan Jepang yang terkenal di musim dingin selanjutnya adalah Sukiyaki. Sukiyaki adalah makanan yang agak mirip dengan hot pot, tapi lebih banyak mengandung daging.
Selain daging, sukiyaki juga terbuat dari bahan-bahan lain, seperti tahu, daun bawang, jamur shiitake, dan mi shirataki. Bahan-bahan ini kemudian akan direbus dalam kuah kaldu berbahan dasar soy sauce manis.
Sukiyaki juga umum dimakan dengan telur mentah. Jadi, setelah mengangkat daging dari mangkuk sukiyaki, kamu bisa mencelupkannya ke dalam telur yang sudah diaduk hingga merata.
5. Nikujaga
Nikujaga adalah hidangan rebus sederhana yang umum disajikan saat musim dingin. Makanan ini terbuat dari daging dan kentang yang direbus dalam kuah kaldu soy sauce manis dan nasi putih.
Biasanya, nikujaga akan dimasak hingga hampir semua air sudah menguap. Selain sayur, kamu juga bisa menambah bahan lain seperti wortel, bawang, mirin, gula, dan lainnya.DominoQQ
6. Curry Udon
Siapa yang tidak tahu udon? Udon adalah makanan Jepang yang terkenal, yang berupa mie berukuran tebal dan terbuat dari tepung gandum. Nah, curry udon atau udon kari adalah udon yang dihidangkan dengan kuah kaldu kari khas Jepang.
Biasanya, curry udon juga mengandung beberapa bahan lain, seperti daun bawang, tahu goreng, daging sapi, atau daging babi. Cara populer makan curry udon adalah dengan menambahkan topping seperti mochi, keju, atau tempura.
7. Yudofu
Yudofu adalah salah satu makanan Jepang yang juga mirip dengan hot pot pada umumnya. Berasal dari Kyoto, kata ‘yudofu’ berarti tahu panas.
Dulu, yudofu umumnya dikonsumsi oleh biksu-biksu Buddha saat musim dingin. Seiring dengan berjalannya waktu, yudofu menjadi banyak dikonsumsi masyarakat Jepang.
Nah, perbedaan yudofu yang utama adalah bahannya yang hanya terbuat dari tahu, beda dengan hot pot lainnya yang bisa mengnadung sayuran, daging, dan ikan.
Membuat yudofu sangat mudah. Kamu hanya perlu menghangatkan potongan tahu di dalam kaldu dashi dengan rasa konbu, dan menyajikannya dengan soy sauce sebagai celupan.
8. Chawanmushi
Banyak orang beranggapan bahwa chawanmushi merupakan makanan Jepang yang terkenal akan kelezatannya. Chawanmushi adalah hidangan yang terbuat dari custard telur kukus dengan dashi dan soy sauce.Kamu juga bisa menambah berbagai topping untuk chawanmushi, seperti makanan laut, jamur, fish cake, hingga wortel.


Posting Komentar

0 Komentar